Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Keterampilan Menulis Untuk Tingkat Universitas
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model picture and picture efektif atau tidak untuk meningkatkan hasil tulisan teks recount mahasiswa semester 4 tingkat universitas. subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa. sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 mahasiswa yang dibagi menjadi 2 kelompok, 30 mahasiswa untuk kelas eksperiment dan 30 mhasiswa untuk kelas kontrol. penelitian ini menggunakan buku dan tes sebagai sumber data. dalam hal ini test yang digunakan dalam penelitian ini adalah test menulis teks recount. penelitian ini menggunakan metode quantitatif yaituekperiment. temuan dalam penelitian ini adalah melalui analisis test yang dilakukan mahasiswa tentang menulis teks recount. setelah menganalisis data, hasil dari tes yang diterapkan kepada mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran picture and picture menunjukkan bahwa nilai tertinggi adalah 92, nilai terendah adalah 56, dibandingkan mahasiswa yang tidak menggunakan model pembelajaran picture and picture. nilai rata -rata dan median kelas experiment yaitu 81,63 dan 77,5. jika dikonsultasikan ke klasifikasi tingkatan nilai menulis, rata-rata kemampuan menulis dikategorikan bagus. sebaliknya, hasil dari test yang diterapkan kepada mahasiswa yang menggunakan teknik konvensuional atau kelas kontrol, menu njukkan bahwa nilai tertinggi dan terendah adalah 83 dan 50. nilai rata-rata dan median kelas kontrol yaitu 69,1 dan 70. jika dikonsultasikan tingkatan nilai menulis, dikategorikan jelek atau kurang bagus. berdasarkan pernyataan diatas, hal inidapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menyatakan bahwa ada pengaruh yang bagus mengenai penggunaan model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan kemampuan menulis teks recount. jadi model pembelajaran picture and picture sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v2i2.3027
Article Metrics
Abstract views : 2497|
PDF (Bahasa Indonesia) views : 6305
Refbacks
- There are currently no refbacks.
In Collaboration With:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.