Analisis Kesulitan Pelafalan Konsonan Bahasa Indonesia (Studi Kasus terhadap Pemelajar BIPA Asal Tiongkok di Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

Woro Wiratsih

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan pelafalan, khususnya beberapa konsonan dalam bahasa Indonesia dalam praktik berbicara pemelajaran BIPA asal Tiongkok di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak catat atau observasi dan mencatat serta simak libat cakap atau wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan diklasifikasi berdasarkan kesulitan pelafalan tiap konsonan. Hasil dari penelitian ini disajikan secara informal atau menggunakan deskripsi kata-kata dari penulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa kesulitan pelafalan yang diamali oleh pemelajar BIPA asal Tiongkok yang meliputi lima kelompok konsonan, yaitu konsonan { /b/  /d/  /g/ }, { /-p/  /-t/  /-k/ },  {/-η-/  / -l/}, {/r/}, dan {/h/}. Dengan mengetahui kesulitan pelafalan konsonan bahasa Indonesia yang dialami oleh pembelajar BIPA asal Tiongkok, diharapkan adanya penyesuaian materi dan  metode pengajaran yang tepat untuk dapat meminimalisir kesulitan yang dapat mengganggu pemelajar dalam proses belajar bahasa Indonesia.

 

Kata Kunci: kesulitan pelafalan, pemelajar BIPA asal Tiongkok, bahasa Indonesia, pemelajaran BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing)

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v2i2.3061

Article Metrics

Abstract views : 179| PDF views : 166

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 
  
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.