ANALISIS PENAMAAN KEDAI KOPI DI SURABAYA: KAJIAN ETNOLINGUISTIK

Marisa Puteri Sekar Ayu Santosa

Abstract


Nama bisa dikatakan sebagai sebuah harapan, oleh sebab itu setiap orang tidak akan sembarangan dalam memberikan nama-nama tertentu untuk melabeli sesuatu. Hal ini terlihat pada penamaan nama dari sebuah usaha atau bisnis, salah satunya adalah usaha kedai kopi yang sedang marak di Surabaya. Perkembangan zaman menyebabkan pemberian nama pada kedai kopi kian beragam. Nama-nama kedai kopi tersebut tidak hanya memakai bahasa Indonesia, tetapi ada pula yang memakai bahasa daerah dan bahasa asing, dan hal itu sangat menarik untuk dikaji.Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah ingin melihat makna-makna dan latar belakang yang terkandung di dalam penamaan kedai kopi dari sisi semantik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan 7 kedai kopi di Surabaya yang mempunyai tema “perasaan”. Setelah dilakukan analisis dengan menambahkan data penguat berupa wawancara dengan pemilik, dapat disimpulkan bahwa penamaan dari kedai kopi ini memiliki makna harapan dari pemiliknya dan menggambarkan konsep yang melatarbelakangi sang pemilik dalam membuka kedai kopi tersebut.


Keywords


: Etnolinguistik, Makna, Proses Penamaan, Semantik



DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4788

Article Metrics

Abstract views : 3098| PDF (Bahasa Indonesia) views : 2415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter