ANALISIS STRUKTUR, FUNGSI, DAN NILAI PADA FOLKLOR NAWANGSIH UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR

Anisatun Hidayatullah
Su’ad Su’ad
Mohammad Kanzunnudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur, fungsi, dan nilai cerita rakyat Nawangsih. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam, pemotretan, pencatatan, dan transkripsi. Hasilnya menunjukkan bahwa cerita rakyat Nawangsih memiliki struktur, fungsi, dan nilai karakter. Struktur cerita rakyat Nawangsih berdasarkan teori Propp ditemukan struktur cerita yaitu satu larangan diucapkan kepada pahlawan (II), larangan dilanggar oleh pahlawan (III), penjahat melecehkan atau melukai anggota keluarga (VIII), pahlawan disuruh pergi (IX), pahlawan meninggalkan rumah (XI), pahlawan diuji (XII), pahlawan itu memiliki keajaiban (XIV), pahlawan dipandu ke tempat hukuman (XV), pahlawan dan penjahat terlibat dalam pertempuran (XVI), pahlawan pulang (XX), tugas berat dilakukan oleh pahlawan (XXV), tugas diselesaikan (XXVI), dan pahlawan yang dikenal (XXVII). Cerita rakyat Nawangsih memiliki fungsi (1) sebagai pendidikan, (2) sebagai pengesahan norma masyarakat, (3) sebagai pembentukan karakter , (4) sebagai nilai budaya masyarakat, dan (5) sebagai alat komunikasi masyarakat. Kemudian, nilai karakter yang ditemukan dalam cerita rakyat Nawangsih berupa karakter religius, karakter nasionalisme, karakter mandiri, karakter gotong royong, dan karakter integritas.


Keywords


Struktur; fungsi; nilai karakter; cerita Nawangsih; pendidikan anak sekolah dasar



DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.4845

Article Metrics

Abstract views : 1293| PDF (Bahasa Indonesia) views : 916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter