PENGEMBANGAN ALAT PENILAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KOMPETENSI MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI SMA PAPUA KOTA SORONG
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif menggunakan model kontekstual. teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara tak berstuktur bertujuan untuk mengetahui penggunaan pengembangan alat pembelajaran berbasis kompetensi SMA Papua kota Sorong tahun 2020. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif yang mencakup analisis proses dan analisis data produk ujian tengah semester dan ujian semester yang disusun oleh pendidik dan Validitas yang digunakan dalam penelitian ini validitas demokratik. Metode analisis data ditempu melalui: 1) uji asumsi klasik (uji reliabilitas dan validitas data) untuk melihat pangaruh (keterkaitan) antar variabel independen dengan dependen. Selain itu, tinjauan pustaka/literatur adalah untuk mengurai kajian-kajian/kerangka referensi/teoritis mengenai variabel independen dan dependen. Hasil penelitian menyatakan bahwa pengembangan alat pembelajaran berbasisi kompetensi di SMA Papua kota sorong dengan model pengembangan spesifikasi ujian, penulisan butir soal, penelaah butir soal, analisis butir soal dan jawaban, pelaksaan ujian, perakitan soal.
Keywords
Alat penilaian, berbasis kompetensi, model kontekstual, SMA Papua.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v4i2.4996
Article Metrics
Abstract views : 964|
PDF views : 1420
Refbacks
- There are currently no refbacks.
In Collaboration With:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.