PROGRAM TOWN4KIDS UNTUK MEMPERKAYA PENGUASAAN KOSAKATA SISWA
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menemukan apakah permainan dalam laboratorium multimedia town4kids (seperti as memory game, listen and unscramble game, name the picture, find the word, matching similar pictures) mampu meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Insan Madani Bekasi. 22 orang siswa terlibat dalam penelitian ini. Observasi dan pretest-posttest digunakan untuk pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan dua jenis analisis data: kualitatif dan kuantitatif. Data kualiattif dikumpulkan menggunakan desain Kemmis and McTaggart dalam dua sikllus. Data kuantitatif dihitung dengan menggunakan uji t-test untuk non-independent sample. Haisl penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) ada peningkatan yang signifikan dalam pemerolehan kosakata bahasa Inggris siwa; 2) permainan dalam laboratorium multimedia town4kids memberikan efek yang positif dan efektif terhadap penguasaan kosakata siswa; 3) penggunaan permainan di town4kids menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan aktif untuk siswa. Penelitian ini merekomendasikan guru untuk bisa meningkatkan kompetensi pedagogik, sementara untuk peneliti berikutnya, disarankan untuk mempersiapkan materi pembelajaran yang cukup dan waktu dalam pengelolaan kelas.
Keywords
penelitian tindakan, peningkatan penguasaan kosakata, permainan bahasa multimedia town4kids
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v4i2.5317
Article Metrics
Abstract views : 779|
PDF (Bahasa Indonesia) views : 592
Refbacks
- There are currently no refbacks.
In Collaboration With:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.