MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM BERDISKUSI MELALUI IMPLEMENTASI TEKNIK SINEKTIK

Abdul Kadir, Aziz Thaba, Abdul Karim Mahmut

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses penerapan teknik sinektik dalam meningkatkan keterampilan berdiskusi pada siswa kelas XI Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berdiskusi dengan menggunakan teknik sinektik pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan, prosedur penelitian ini meliputi pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar sebanyak 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang tuntas secara individual dari 32 siswa hanya 12 siswa atau 37,5% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau berada pada kategori sangat rendah. Secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata diperoleh sebesar 65,16. Pada siklus II dari 32 jumlah siswa terdapat 29 siswa atau 96,6% telah memenuhi KKM dan secara klasikal sudah terpenuhi yaitu nilai maksimal yang diperoleh rata-rata  76,09 atau berada dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas mengemukakan bahwa keterampilan berdiskusi melalui teknik sinektik dapat ditingkatkan.


Keywords


teknik sinektik, keterampilan, berdiskusi



DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v4i2.5822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter