Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan tanggungjawab dan hasil belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 5 Ungaran semester I tahun pelajaran 2018/2019 pada mata pelajaran Matematika materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel melalui pemanfaatan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019 selama 5 bulan, yakni mulai bulan Agustus sampai dengan bulan Desember 2018. PTK ini dilaksanakan di Kelas VIII A SMP Negeri 5 Ungaran pada semester I tahun pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Ungaran pada semester I tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam penelitian ini, yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas. Rata-rata tingkat tanggungjawab pada pra siklus 80% dan pada siklus I 82%. Terdapat peningkatan 2%. Rata-rata tingkat tanggungjawab pada siklus I 82% dan pada siklus II 85%. Terdapat peningkatan 3%. Rata-rata tingkat tanggungjawab pada pra siklus 80% dan pada siklus II 85%. Terdapat peningkatan 5%. Rata-rata tingkat tanggungjawab mengalami peningkatan dan target kinerja tercapai. Disimpulkan peningkatan siginfikan. Dari hasil penilaian harian pada pra siklus yang mencapai/melampaui KKM 63% dan pada siklus II 66%. Terdapat peningkatan 3%. Dari hasil penilaian harian pada siklus I yang mencapai/melampaui KKM 66% dan pada siklus II 75%. Terdapat peningkatan 9%. Dari hasil penilaian harian pada pra siklus yang mencapai/melampaui KKM 63% dan pada siklus II 75%. Terdapat peningkatan 12%. Hasil penilaian harian mengalami peningkatan dan target kinerja tercapai. Disimpulkan peningkatan siginfikan.
Referensi
Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi dalam PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tanggal 23 Mei 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Kemendiknas.
Hudoyo, H. (1994). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Depdikbud. Proyek Pengembangan LPTK.
Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Suparno, P. (2001). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo : Mas Media Buana Pustaka.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Uno, H.B. & Kuadrat, M. (2009). Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran (Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan). Jakarta: PT Bumi Aksara.