Peningkatan Sikap Tanggungjawab dan Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Bagi Siswa

Asep Mintarto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan tanggungjawab dan hasil belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 5 Ungaran semester I tahun pelajaran 2018/2019 pada mata pelajaran Matematika materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel melalui pemanfaatan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019 selama 5 bulan, yakni mulai bulan Agustus sampai dengan bulan Desember 2018. PTK ini dilaksanakan di Kelas VIII A SMP Negeri 5 Ungaran pada semester I tahun pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A SMP    Negeri 5 Ungaran pada semester I tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa  yang  terdiri  dari 14 siswa  perempuan dan 18 siswa laki-laki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam penelitian ini, yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas. Rata-rata tingkat tanggungjawab pada pra siklus 80% dan pada siklus I 82%. Terdapat peningkatan 2%. Rata-rata tingkat tanggungjawab pada siklus I 82% dan pada siklus II 85%. Terdapat peningkatan 3%. Rata-rata tingkat tanggungjawab pada pra siklus 80% dan pada siklus II 85%. Terdapat peningkatan 5%. Rata-rata tingkat tanggungjawab mengalami peningkatan dan target kinerja tercapai. Disimpulkan peningkatan siginfikan. Dari hasil penilaian harian pada pra siklus yang mencapai/melampaui KKM 63% dan pada siklus II 66%. Terdapat peningkatan 3%. Dari hasil penilaian harian pada siklus I yang mencapai/melampaui KKM 66% dan pada siklus II 75%. Terdapat peningkatan 9%. Dari hasil penilaian harian pada pra siklus yang mencapai/melampaui KKM 63% dan pada siklus II 75%. Terdapat peningkatan 12%. Hasil penilaian harian mengalami peningkatan dan target kinerja tercapai. Disimpulkan peningkatan siginfikan.

Teks Lengkap:

85-89

Referensi


Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi dalam PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tanggal 23 Mei 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Kemendiknas.

Hudoyo, H. (1994). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Depdikbud. Proyek Pengembangan LPTK.

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suparno, P. (2001). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo : Mas Media Buana Pustaka.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Uno, H.B. & Kuadrat, M. (2009). Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran (Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan). Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24176/jino.v2i2.4327

Article Metrics

Abstract views : 311| 85-89 views : 333

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter