Pengaruh Peran Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Terhadap Pengembangan Karir Guru SMP Negeri

Muhammad Putro Joko Wasono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peran kepala sekolah terhadap pengembangan karir, mengetahui pengaruh kompetensi profesional sekolah terhadap pengembangan karir guru, mengetahui pengaruh peran kepala sekolah dan kompetensi profesional secara bersama-sama terhadap pengembangan karir guru SMP Negeri se Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri se Kecamatan Tengaran Kabupaten yang berjumlah 93 orang, dan seluruhnya dijadikan sampel yakni berjumlah 93 guru. Hasil penelitian diatas meliputi: (1) Dimensi yang dipersepsikan paling rendah adalah dimensi educator dengan skor 0,365. Dimensi yang dipersepsikan paling kuat adalah dimensi motivator dengan skor 0,790. Peran kepala sekolah mempunyai korelasi yang rendah terhadap pengembangan karir yang ditunjukkan dengan nilai correlations sebesar 0,348 dan besarnya pengaruh peran kepala sekolah terhadap pengembangan karir sebesar 11,3% dengan koefisien regresi Y= 52.726+0,200X1. (2) Dimensi yang dipersepsikan paling lemah dalam variabel kompetensi Profesional adalah manajemen pembelajaran dengan skor 0,540. Dimensi  yang dipersepsikan paling kuat adalah dimensi pemanfaatan teknologi informasi dengan skor 0,782. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi Profesional berpengaruh secara signifikan terhadap pengembangan karir sebesar 31,5%, sisanya 68,5%. Kompetensi profesional mempunyai korelasi sebesar 0,371 terhadap pengembangan karir. Koefisien regresi variabel kompetensi profesional terhadap pengembangan karir Y= 5,668 + 0,568 X2. (3) Dimensi variabel pengembangan karir yang sangat lemah adalah loyalitas dengan skor 0,486 dan yang paling kuat dimensi networking 0,685. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara peran kepala sekolah dan kompetensi profesional terhadap pengembangan karir.  Nilai correlations variabel peran kepala sekolah terhadap pengembangan karir sebesar 0,332 dan kompetensi Profesional terhadap pengembangan karir sebesar 0,561. Besarnya pengaruh variabel peran kepala sekolah dan kompetensi profesional terhadap pengembangan karir sebesar 36,2%, sisanya 63,8%. Persamaan regresi variabel X1 dan X2 terhadap Y adalah Y = 12,577 + 0,151 X1 + 0,528 X2.

Teks Lengkap:

90-102

Referensi


Achmad, Rifa’I & Catharina, T. Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta, PT.Rineka Cipta.

Asmani, J.M. 2012. Tips menjadi kepala sekolah profesional. Yogyakarta: DIVA Press.

Cunningham, W.G., & Cordeiro, P.A. 2009. Educational leadership: a bridge to improved practice. Boston: Pearson Education

Creswell, J.W. 2016. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hadiyanto. 2004. Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Handoko, T. Hani. 2008. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Cetakan ke enam belas. BPFE. Yogyakarta

Hasibuan , Malayu S.P. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Bumi Aksara.

Karwati, E, & Priansa, D.J. 2013. Kinerja dan profesionalisme kepala sekolah. Bandung: Alfabeta.

Kaseger, R. G. 2013. Pengembangan Karir Dan Self-Efficacy Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal EMBA, 1(4), 906–916.

Khoiri, Hoyyima. 2010. Jitu dan Mudah Lulus Sertifikasi Guru. Jogjakarta: Bening.

Kowalski, T.J. 2010. The school principal: Visionary leadership and competent management. New York: Routledge.

Kunandar. 2007. Guru Profesional ( Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta; PT Raja Grafindo Persada.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.Remaja Rosdakarya. Bandung

Mangkuprawira, T. B. Sjafri. 2004. Manajemen SDM Strategik. Jakarta: PT. Ghalia. Indonesia.

Manullang, M. 2004. Dasar-dasar Manajeman, Yogyakarta. Gadjah Mada Press.

Marno & M. Idris. 2009. Strategi dan Metode Pengajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media

Martoyo, Kol, Kal, Susilo, S. E. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua, Yogyakarta. BPFE Fakultas Ekonomi UGM

Moleong. L.J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mondy, R. Wayne & Robert M. Noe. 2005. Human Resource Management. 9th ed. Pearson Prentice Hall. USA

Mulyasa, E 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

________ 2009.Menjadi Kepala Sekolah Profesinal. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

________. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Negara, N. M. C. M. A. 2014. Pengaruh Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai Pada Pt. Pos Indonesia (Persero) Kabupaten Jembrana Tahun 2014. Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–11.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonsia Nomor 16 Tahun 2007. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. Jakarta.

Peraturan Kementrian Pendidikan Nasional. 2009. Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Dan Angka Kreditny. Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. Jakarta.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 16. 2009. Tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya..Jakarta.

Peraturan Pemerintah Nomor 12. 2002. Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 Tentang Pengembangan karir Pegawai Negeri Sipil. Jakarta.

Peraturan pemerintah republik Indonesia Nomor 19. 2017. Tentang Perubahan atas peraturan pemerintah nomor 74 tahun 2008 tentang guru. Jakarta

Priansa, Dony Juni. 2017. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah. Bandung. PT Alfabeta

Rasyid, Harun Al. 2015. Fungsi Kelompok Kerja Guru (KKG) Bagi Pengembangan Keprofesionalan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 24, No 2 Tahun 2015 ISSN 0854-8285

Rivai, Veithzal dan Sagala, Ella Jauvani. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Edisi 2. Rajawali Pers. Jakarta.

Robbins, Stephen P, 1996, Organizational Behaviour Concept, Controversiest, Applications, Prentice Hall. Inc, Englewoods Cliffs

Rosyidi, U. 2012. Buku 1, Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Jakarta,

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Siagian, Sondang P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Subadi, Tjipto. 2012 Model Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Bagi Guru-Guru SMA Muhammadiyah Sukoharjo Melalui Lesson Study. Prosiding Seminar Nasional. Surakarta: Arba Grafika.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Budaya organisasi di sekolah. (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/27/budaya-organisasi-di-sekolah/, diakses pada tanggal 11 Maret 2019)

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : AFABETA, cv.

________2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke-17. Bandung: Alfabeta.

_________2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutomo, 2015. Manajemen Sekolah. Semarang: Universitas Semarang Press.

Supardi. 2016. Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sutrisno, Edi. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Terry, G.R. 1997. Prinsip-prinsip manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Triyono, Nurkolis, Rasiman. 2012. Hubungan Peran Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah Dengan Profesionalime Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kabupaten Jepara.Semarang :Jurnal Manajemen Pendidikan , Volume 5 Nomor 3, UPGRIS.

Undang-undang Republik Indonesa Nomor 14. 2005. Tentang Guru dan Dosen. Jakarta.

Usman, H. 2011. Manajemen teori, praktik, dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. 2008. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahjosumidjo. 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik & Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

___________. 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Rajawali Press

Whitehead, B.M., Boschee, F., & Decker, R.H. 2013. The principal: Leadership for a global society. California: SAGE Publications.

Wuradji. 2009. The Educational Leadership, Kepemimpinan Transformasional. Yogyakarta: Gama Media

Yasa, I Gede Adi, 2006. Pengaruh Karakteristik Manajemen Karier terhadap Komitmen Pegawai dan Dampaknya pada Prestasi Kerja Pegawai PT. Adi Bharata Asty Denpasar.

Yuniati, Yuliejantiningsih Yovitha dan Abdullah, Ghufron, 2017. Pengaruh Peran Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Disiplin Guru SMP Negeri Kabupaten Jepara. Semarang: Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 6 Nomor 1, UPGRIS.




DOI: https://doi.org/10.24176/jino.v2i2.4328

Article Metrics

Abstract views : 649| 90-102 views : 471

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter