Hubungan Kecanduan Bermain Game Jenis MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) "Mobile Legend" dengan Perilaku Agresif Pada Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara kecanduan bermain game mobile legend (ML) dengan perilaku agresif pada mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah 50 orang mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana dengan intensitas bermain 14 jam dalam seminggu menggunakan teknik Incidental Sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan alat ukur berupa skala perilaku agresif dan skala kecanduan game. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan positif antara kecanduan game ML dengan perilaku agresif berdasarkan hasil uji korelasi menggunakan Pearson correlation mendapatkan hasil 0,415 (p kurang dari 0,05). hasil uji korelasi dengan melihat koefisien determinan r2 (0,415) sama dengan 0,172. Adapun sumbangan efektif kecanduan game online ML terhadap perilaku agresif sebesar 17,22 persen maka masih ada 82,78 persen sumbangan dari variabel lain yang mempengaruhi perilaku agresif selain kecanduan game online ML.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.24176/perseptual.v4i1.2270
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.

Jurnal Psikologi Perseptual (eISSN 2580-9520) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License