Customer Perceived Value dan Online Repurchase Intention pada Pengguna E-Commerce Shopee

Kharisma Putri Pratiwi
Rahmawati Prihastuty

Abstract


Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara customer perceived value dengan online repurchase intention pada pengguna e-commerce Shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna e-commerce Shopee yang pernah mengalami kekecewaan saat berbelanja melalui Shopee. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 350 orang yang diambil dengan teknik convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala customer perceived value dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,923 dari 37 item valid dan skala online repurchase intention dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,909 dari 25 item valid. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik korelasi pearson product moment.
Hasil uji korelasi antara online repurchase intention dan customer perceived value menunjukkan bahwa nilai r=0,729; p<0,05. Sehingga, hipotesis yang berbunyi “ada hubungan antara customer perceived value dengan online repurchase intention pada pengguna e-commerce Shopee” dapat diterima. Nilai koefisien korelasi yang positif menunjukkan adanya hubungan positif antara kedua variabel. Secara umum, online repurchase intention berada pada kategori tinggi dengan persentase 80,6% dan customer perceived value juga berada pada kategori tinggi dengan persentase 57,1%.

 

Keywords


customer perceived value, online repurchase intention, Shopee

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/perseptual.v6i2.5128

Article Metrics

Abstract views : 69| PDF views : 41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Psikologi Perseptual (eISSN 2580-9520) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License