Customer Perceived Value dan Online Repurchase Intention pada Pengguna E-Commerce Shopee

Kharisma Putri Pratiwi
Rahmawati Prihastuty

Abstract


Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara customer perceived value dengan online repurchase intention pada pengguna e-commerce Shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna e-commerce Shopee yang pernah mengalami kekecewaan saat berbelanja melalui Shopee. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 350 orang yang diambil dengan teknik convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala customer perceived value dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,923 dari 37 item valid dan skala online repurchase intention dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,909 dari 25 item valid. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik korelasi pearson product moment.
Hasil uji korelasi antara online repurchase intention dan customer perceived value menunjukkan bahwa nilai r=0,729; p lebih keecil dari 0,05. Sehingga, hipotesis yang berbunyi “ada hubungan antara customer perceived value dengan online repurchase intention pada pengguna e-commerce Shopee” dapat diterima. Nilai koefisien korelasi yang positif menunjukkan adanya hubungan positif antara kedua variabel. Secara umum, online repurchase intention berada pada kategori tinggi dengan persentase 80,6% dan customer perceived value juga berada pada kategori tinggi dengan persentase 57,1%.


Keywords


customer perceived value, online repurchase intention, Shopee

Full Text:

PDF

References


Dewi, N. P., & Ardani, I. G. (2016). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif terhadap Niat Beli Ulang Produk Fashion Via Online di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(1), 650-677. Jakpat. (2019, August 6). Indonesia Ecommerce Trend 1st Semester of 2019 – JAKPAT Survey Report. https://blog.jakpat.net/indonesia-ecommerce-trend-1st-semester-of-2019-jakpat-survey-report/ Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga. Lagita, L., & Briliana, V. (2018). Hubungan Customer Satisfaction, Adjusted Expectation, Perceived Value, dan Perceived Usefulness terhadap Online Repurchase Intention pada Pelanggan Lazada. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 8(1), 37-48. Lee, C. H., Eze, U. C., & Ndubisi, N. O. (2011). Analyzing Key Determinants of Online Repurchase Intentions. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 23(2), 200-221. https://doi.org/10.1108/13555851111120498 Margaretha, F. (2017). Analisis Hubungan Antara Motif dengan Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Shopee sebagai Media Berbelanja Online pada Shopeeholics di Kota Samarinda. e-Journal Ilmu Komunikasi, 5(4), 26-40. Nofiyanti, N., & Wiwoho, G. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Value Terhadap Online Repurchase Intention pada Marketplace Shopee di Kecamatan Kebumen dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 281-290. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i2.477 Parastanti, G. P., Kumadji, S., & Hidayat, K. (2014). Hubungan Prior Online Purchase Experience terhadap Trust dan Online Repurchase Intention (Survey pada Pelanggan ZALORA Indonesia Melalui Website www.zalora.co.id). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 16(1), 1-7. Putra, I. M., & Rahyuda, K. (2018). Peran Perceived Value memediasi Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Konsumen. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(5). 2793-2822. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i05.p19 Rahardjo, C. R. (2016). Faktor yang Menjadi Preferensi Konsumen dalam Membeli Produk Frozen Food. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(1), 32-43. Sidharta, I., & Suzanto, B. (2015). Hubungan Kepuasan Transaksi Online Shopping dan Kepercayaan Konsumen terhadap Sikap serta Perilaku Konsumen pada E-Commerce. Jurnal Computech & Bisnis, 9(1), 23-36. Suhaily, L., & Soelasih, Y. (2017). What Effects Repurchase Intention of Online Shopping. International Business Research, 10(12), 113-122. https://doi.org/10.5539/ibr.v10n12p113 Tan, H., & Brahmana, R. K. (2019). Pengaruh Perceived Value terhadap Repurchase Intention melalui Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening pada Shopee. AGORA, 7(1), 1-7.




DOI: https://doi.org/10.24176/perseptual.v6i2.5128

Article Metrics

Abstract views : 649| PDF views : 586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Psikologi Perseptual (eISSN 2580-9520) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License