Efek Sosial Psikologis Sistem Zonasi Penerimaan Siswa Baru di SMK

Reni Oktaviana Cahyanti
Suryanto Suryanto
Niken Titi Pratitis

Abstract


Penelitian studi kasus ini memiliki tujuan  mendeskripsikan reaksi psikologis dan dampak sosial psikologis sistem zonasi penerimaan siswa baru di SMK, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari wawancara terhadap seorang siswa kelas X SMK di Surabaya (yang mengalami sistem zonasi saat penerimaan siswa baru), orang tua, guru dan tokoh masyarakat (ketua RT tempat siswa tinggal). Hasil wawancara menunjukkan bahwa subjek penelitian ini tidak setuju adanya sistem zonasi dalam penerimaan siswa baru dikarenakan dengan adanya sistem zonasi membatasi siswa-siswi yang berprestasi untuk masuk ke sekolah yang favorit atau yang diingankan, merasa kecewa karena dengan adanya zonasi beberapa pihak merasa dirugikan karena sudah meluangkan waktu untuk  mengikuti les dan sudah mengeluarkan biaya supaya bisa masuk ke sekolah favorit dan itu berdampak untuk setiap individu yang  terkena sistem zonasi. Kesimpulannya sistem zonasi memberikan efek psikologis pada individu karena membuat kecewa dan mengurangi keinginan untuk berprestasi setiap individu


Keywords


Sosial Pikologis, Sistem Zonasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/perseptual.v6i2.5147

Article Metrics

Abstract views : 70| PDF views : 32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Psikologi Perseptual (eISSN 2580-9520) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License