Efek Sosial Psikologis Sistem Zonasi Penerimaan Siswa Baru di SMK

Reni Oktaviana Cahyanti
Suryanto Suryanto
Niken Titi Pratitis

Abstract


Penelitian studi kasus ini memiliki tujuan  mendeskripsikan reaksi psikologis dan dampak sosial psikologis sistem zonasi penerimaan siswa baru di SMK, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari wawancara terhadap seorang siswa kelas X SMK di Surabaya (yang mengalami sistem zonasi saat penerimaan siswa baru), orang tua, guru dan tokoh masyarakat (ketua RT tempat siswa tinggal). Hasil wawancara menunjukkan bahwa subjek penelitian ini tidak setuju adanya sistem zonasi dalam penerimaan siswa baru dikarenakan dengan adanya sistem zonasi membatasi siswa-siswi yang berprestasi untuk masuk ke sekolah yang favorit atau yang diingankan, merasa kecewa karena dengan adanya zonasi beberapa pihak merasa dirugikan karena sudah meluangkan waktu untuk  mengikuti les dan sudah mengeluarkan biaya supaya bisa masuk ke sekolah favorit dan itu berdampak untuk setiap individu yang  terkena sistem zonasi. Kesimpulannya sistem zonasi memberikan efek psikologis pada individu karena membuat kecewa dan mengurangi keinginan untuk berprestasi setiap individu


Keywords


Sosial Pikologis, Sistem Zonasi

Full Text:

PDF

References


Ahsan Ridhoni. (2017). Pro kontra sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru.Tirto. ID. https://tirto.id/pro-kontra-sistem-zonasi-dalam-penerimaan-siswa-baru-csEh

Andina, E. (2017). Sistem zonasi dan dampak psikologi bagi peserta didik. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI.

Arikunto, Suharsimi. (2005). Research Procedure A Practical Approach. Rineka Cipta.

Dewi, K. E., & Sptiana, R. (2018). Evaluation of the zoning student recruitment system in year 2018. Proceeding international seminar on education innovation issues and challenges in education for education sustainability sarjanawiyata University Tamansiswa. (August), 109-115.

Hudin, J. M., Farlina, Y., Saputra, R. A., Gunawan, A., Pribadi, D., & Riana, D. (2019). Measuring quality of information systems through the delone mclean model in the online information system of new student registration (SISFO PPDB). 2018 6th International Conference on Cyberand IT Service Management, CITSM 2018, (Citsm), 1–6. https://doi.org/10.1109/CITSM.2018.8674310

Kemendikbud: SKTM Regional Affairs, Republika, access 14 Juli 2019. Institute for Development of Educational Facilities and Psychology Education (LPSP3) UI.

Moleong, J. (2006). Qualitative research methods. PT. Remaja Rosdakarya.

Nurlailiyah, A. (2003). Analysis of zoning system policies on junior high school student behavior in Yogyakarta. Realita: Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam, 17(1), 13–22.

Põder, K., Lauri, T., & Veski, A. (2017). Does school admission by zoning affect educational inequality? a study of family background effects in Estonia, Finland and Sweden. Scandinavian Journal of Educational Research, 61 (6), 668–688. https://doi.org/10.1080/00313831.2016.1173094

Poerwandari. (2011). Qualitative approach to research in human behavior. PT. Remaja Rosdakarya.

Purwanti, D., Irawati, I., Adiwisastra, J., & Bekti, H. (2019). Implementation of new student admission policies based on zoning systems in the city of Bandung. Governansi Journal, 5 (1), 12. https://doi.org/10.30997/jgs.v5i1.1699

PPDB. (2019, 5 Juli). Use the village zoning system. PPDB. https://tangerangkota. go.id/ppdb-2018-use-systemzonasi-kelurahan

PPDB. (2019, 5 Juli). Independent track, disdikbud Lampung prepare 5 percent quota. Radar TV News. http://www.radartvnews.com/ppdb-mandiri-disdikbudlampung-prepare-quota-5-percent /.

Setiyanti, H. (2019). Using zone systems in equalization and improving education quality (case study in temanggung sub-private vocational school). Post Graduate Program University of Muhammadiyah Yogyakarta.

Sularto, S., Wahyudi, W., & Sukmawati, S. (2018). The admission of new students based on the online system at SMAN 2 Singkawang. JETL (Journal of Education, Teaching and Learning), 3 (2), 336. https://doi.org/10.26737/jetl.v3i2.772

Wardhana, L. P., Supriyoko, K., & Magelang, K. (2019). Management of new student admissions online on the basis of zoning, Achievements and Introduction. Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 228-235.

Wulan, B. A., Soedijono, B., & Henderi. (2017). Evaluation of bio system online acceptance using the technology acceptance model (TAM) approach. Journal of Information Technology, 12(2), 26–35.

Wulandari, D., Hasyim, A., & Nurmalisa, Y. (2018). Pengaruh penerimaan peserta didik baru melalui sistem zonasi terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(9), 1-15.




DOI: https://doi.org/10.24176/perseptual.v6i2.5147

Article Metrics

Abstract views : 466| PDF views : 233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Psikologi Perseptual (eISSN 2580-9520) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License