Digitalisasi Pelayanan Konsultasi Manajemen UMKM pada Incubator Business Center (IBC) UMK

Supriyono Supriyono
Gilang Puspita Rini

Abstract


Pengelolaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perlu ditata dan dikelola dengan baik. Banyak pelaku UMKM yang kurang menyadari hal itu, kalaupun sadar pengetahuan mereka tentang manajemen pengelolaaan masih kurang. Permasalahan manajemen pengelolaan untuk UMKM meliputi masalah manajemen produksi, manajemen keuangan, legalitas, manajemen pemasaran sera penggunaan teknologi informasi. Dari permasalahan yang ada diperlukan pembimbingan dari lembaga atau instansi yang berkompeten dalam manajemen pengelolaan untuk UMKM. Incubator Business Center (IBC) Universitas Muria Kudus (UMK) adalah sebuah lembaga dibawah lembaga penelitian UMK yang salah satu kegiatannya adalah menghasilkan wirausaha baru dan pendampingan baik wirausaha baru serta UMKM. IBC UMK mencoba untuk memberikan pendampingan melewati layanan konsultasi manajemen pengelolaan kepada UMKM yang ada diKudus meliputi konsultasi masalah legalitas, produksi, keuangan, pemasaran dan penerapan teknologi informasi. Untuk memperlancar dan mempermudah kegiatan konsultasi ini dibangun suatu sistem yang terintegrasi untuk penjadwalan konsultasi pengelolaan manajemen untuk UMKM berbasis web. Metode yang digunakan untuk pengembangan sistem adalah Waterfall. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi sistem informasi layanan konsultasi pengelolaan UMKM IBC UMK. Disamping menghasilkan sistem penelitian ini juga menghasilkan luaran berupa jurnal nasional.

Keywords


IBC; UMKM; konsultasi; layanan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] Abdul Kadir. (2014). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Andi.Yogyakarta.

[2] Ani Susilowati, (2012), Implementasi Layanan Konsultasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik, Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, ISSN 1412-1743 (print), 2581-0618 (online) Vol 9 No 1

[3] Hadi, dkk. (2013), Pemahaman Konselor Sekolah Tentang Tugas Perkembangan Siswa dan Layanan Yang Diberikan, Jurnal Ilmiah Konseling Vol 2 Nomor 1

[4] In'am, A dkk, (2007). Konsultasi Bisnis dan Penempatan Kerja di Universitas Muhammadiyah Malang, Jurnal Dedikasi Volume 4.

[5] Lincoln, Y.S dan Guga. (1984). Naturalistic Inquiry. Beverly Hills: Calif Sage

[6] M. Shalahuddin And R. A.S. (2015), Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika.

[7] Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan Kelompok Dan Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang.

[8] Silalahi, U. 2010. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

[9] Sugiyono, (2015). Memahamai Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabetika.

[10] https://disnakerperinkopukm.kuduskab.go.id.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v6i1.10752

Article Metrics

Abstract views : 165| PDF views : 114

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 

JournalStories Main logo JournalStories Main logo

 

Flag Counter