Implementasi Landbot Sebagai Penghubung Dialogflow NLP dengan Web Informasi Kepada Civitas Akademik

Fransiska Natalia
Albert Yakobus Chandra

Abstract


Saat ini banyak universitas telah menggunakan sistem Informasi web untuk menyampaikan Informasi. Namun, masih sering terjadi kendala yang dialami mahasiswa dan calon mahasiswa yaitu sistem yang masih memberikan Informasi secara general, kesulitan dalam mencari informasi terkait perkuliahan, serta unit atau kontak admin yang diperlukan untuk menangani kendala yang dihadapi calon mahasiswa baru , baik di jam kerja dan di luar jam kerja.  Oleh karena itu, pada penelitian prototipe chatbot ini menggunakan sebuah platform berupa dialogflow dan landbot yang akan digunakan yaitu untuk mengatasi masalah yang dihadapi dan mempermudah para civitas akademik mendapatkan informasi. Adapun tahapan dalam pengembangan aplikasi chatbot ini yaitu analisis kebutuhan, desain, membuat prototipe, evaluasi dan rilis aplikasi. Metode yang digunakan dalam pembuatan chatbot ini yaitu Natural Language Processing (NLP).Proses pemberian pengetahuan dalam chatbot ini mencakup data terkait Informasi yang dibutuhkan sehingga apa yang ditanamkan dalam dialogflow dan landbot berguna untuk meningkatkan pemahaman konteks dan makna pertanyaan. Dalam hal ini pula, pelatihan model machine learning digunakan untuk meningkatkan keterampilan pemrosesan bahasa alami landbot. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan aplikasi ini berjalan 100% dengan baik. Dalam hal ini menunjukan bahwa, chatbot ini mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan, serta dapat mengenali pengetahuan yang telah diberikan sebelumnya.

Keywords


Chatbot;dialogflow;landbot;NLP;machine learning.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


S. H. Bariyah and K. A. N. Imania, “Pengembangan Virtual Assistant Chatbot Berbasis Whatsapp Pada Pusat Layanan Informasi Mahasiswa Institut Pendidikan Indonesia - Garut,” J. Petik, vol. 8, no. 1, pp. 66–79, 2022, doi: 10.31980/jpetik.v8i1.1575. [2] M. Mashud and W. Wisda, “Aplikasi Chatbot Berbasis Website sebagai Virtual Personal Assistant dalam Pemasaran Properti,” Inspir. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 9, no. 2, p. 99, 2019, doi: 10.35585/inspir.v9i2.2497. [3] I. G. Ryoga, I. M. Sukarsa, A. Agung, and N. Hary, “Perancangan Chatbot Hotel dengan Model Natural Language Processing Chatbot dan Button Based,” vol. 3, no. 1, 2022. [4] M. Mustaqim, A. Gunawan, Y. B. Pratama, and I. Zaliman, “Pengembangan Chatbot Layanan Publik Menggunakan Machine Learning Dan Natural Languange Processing,” J. Inf. Technol. Soc., vol. 1, no. 1, pp. 1–4, 2023, doi: 10.35438/jits.v1i1.16. [5] Z. M. Hanif, “Pengembangan Aplikasi Chatbot Untuk Pelayanan Akademi di Peguruan Tinggi,” p. 89, 2021, [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37445. [6] G. Guntoro, Loneli Costaner, and L. Lisnawita, “Aplikasi Chatbot untuk Layanan Informasi dan Akademik Kampus Berbasis Artificial Intelligence Markup Language (AIML),” Digit. Zo. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 11, no. 2, pp. 291–300, 2020, doi: 10.31849/digitalzone.v11i2.5049. [7] A. Perdana, “Metode Scrum: Definisi, Cara Kerja, Manfaat, dan Peran-Peran di Dalamnya,” glints.com, 2022. https://glints.com/id/lowongan/metode-scrum/#.ZFqcsnZBzrc (accessed May 10, 2023). [8] M. Kuswandi, C. Hetty Primasari, Y. P. Wibisono, and A. B. Pradipta Irianto, “Analisis Kebutuhan Perancangan Ulang Aplikasi Mobile Teman Bumil Menggunakan Framework Scrum,” Rabit J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 6, no. 2, pp. 92–99, 2021, doi: 10.36341/rabit.v6i2.1728. [9] Tulisan, “Bab Ii. Landasan Teori,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, p. 14, 2019. [10] S. Hadji, M. Taufik, and S. Mulyono, “Implementasi Metode Scrum Pada Pengembangan Aplikasi Delivery Order Berbasis Website ( Studi Kasus Pada Rumah Makan Lombok Idjo Semarang ),” Konf. Ilm. Mhs. Unissula, pp. 32–43, 2019. [11] N. Rafianto, Dimas, and Saifulloh, “Penerapan Metode Scrum Pada Pembuatan User Experience Landing Page Sistem Informasi Lentera,” J. Sist. Inf. dan Sains Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 1–14, 2021, [Online]. Available: https://www.neliti.com/publications/492081/penerapan-metode-scrum-pada-pembuatan-user-experience-landing-page-sistem-inform. [12] S. Pratama, S. Ibrahim, and M. A. Reybaharsyah, “Jurnal Penggunaan Metode Scrum Dalam Membentuk Sistem Informasi Penyimpanan Gudang Berbasis Web,” Intech, vol. 3, no. 1, pp. 27–35, 2022, doi: 10.54895/intech.v3i1.1192. [13] R. A. Ritonga, A. M. A’id, and A. Megayanti, “Implementasi Metodologi Scrum Dalam Pengembangan Aplikasi Eregitrasi Vendor (Studi Kasus : Krakatau It),” J. Sist. Inf. dan Inform., vol. 4, no. 1, pp. 1–13, 2021, doi: 10.47080/simika.v4i1.1096. [14] A. Y. Chandra, P. T. Prasetyaningrum, O. Suria, P. I. Santosa, and L. E. Nugroho, “Virtual Reality Mobile Application Development with Scrum Framework as a New Media in Learning English,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 15, no. 8, pp. 31–49, 2021, doi: 10.3991/ijim.v15i08.19923. [15] P. T. Dian, P. Jayaraya, and U. Dialogflow, “IMPLEMENTATION OF CHATBOT CUSTOMER SERVICE FEATURES ON,” vol. 8, no. 2, pp. 143–148, 2022.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v7i1.11893

Article Metrics

Abstract views : 29| PDF views : 20

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 

JournalStories Main logo JournalStories Main logo

 

Flag Counter