Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Management Petshop Clarissa Berbasis Website

Fitria Nurul Hikhmah
Yudie Irawan
Muhammad Arifin
Arif Setiawan

Abstract


Petshop merupakan sebuah tempat usaha yang menjual kebutuhan dan perlengkapan untuk hewan peliharaan. Tidak hanya menjual kebutuhan namun petshop juga menyediakan layanan jasa Grooming dan Penitipan. Salah satunya pada Petshop Clarrisa Grooming dan Cat Hotel yang berlokasi berlokasi Jalan Raya Besito Lemah Gunung, RT.01/RW.02, Pejaten, Krandon, Kabupaten Kudus. Namun seringkali sistem yang pelayanan masih manual, dari proses transaksi hingga percatatan dari jasa Grooming dan Cat Hotel. Hal ini membuat petshop membutuhkan perancangan sistem informasi manajemen petshop agar bisa memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi dan Booking Grooming dan Reservasi Cat Hotel. Serta membangun hubungan loyalitas para pelanggan maka menerapkan Konsep Customer Relationship Manajemen (CRM). Dalam pemodelan perancangan menggunakan Unified Modeling language (UML). Bahasa pemrograman yang digunakan yaitu bahasa pemrograman PHP (Hypertext Prepocessor) dan basisdata MySQL (My Structured Query Language). Pengujian sistem menggunakan Black box dengan menguji fungsionalitas terhadap program yang dibuat yaitu sistem management petshop berbasis website. Dengan adanya aplikasi ini maka dapat memberikan kemudahan baik dari pemilik dan pelanggan dalam melakukan layanan grooming dan penitipan kucing.

Keywords


sistem informasi; manajemen; Customer Relationship Management; petshop

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v7i1.12098

Article Metrics

Abstract views : 43| PDF views : 18

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 

JournalStories Main logo JournalStories Main logo

 

Flag Counter