Studi Literatur: Pengaruh Faktor Usability Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Shopee Dengan Metode Regresi Linier Berganda
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor usability terhadap kepuasan pengguna aplikasi Shopee melalui pendekatan studi literatur dan pengujian empiris menggunakan metode regresi linier berganda. Faktor usability yang dikaji meliputi kemudahan penggunaan, daya tarik antarmuka, keandalan sistem, efisiensi penggunaan, dan inovasi fitur. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 71 pengguna aktif aplikasi Shopee. Instrumen yang digunakan diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian dianalisis menggunakan SPSS untuk menguji asumsi klasik dan model regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan semua variabel usability berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Namun secara parsial, hanya tiga variabel yang memiliki pengaruh signifikan, yaitu daya tarik antarmuka, efisiensi penggunaan, dan inovasi fitur. Sementara itu, kemudahan penggunaan dan keandalan sistem tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Hasil ini memberikan implikasi bahwa dalam pengembangan aplikasi e-commerce, perhatian lebih perlu diberikan pada peningkatan tampilan antarmuka, efisiensi operasional, serta fitur-fitur inovatif guna meningkatkan kepuasan dan loyalitas pengguna.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Adieb, M. Risqi Amirul, Aris Sugiharto, and Satriyo Adhy. “Analisis Pengaruh Kualitas Website Shopee Terhadap Kepuasan Pengguna Berdasarkan Metode WebQual 4.0 (Studi Kasus: Mahasiswa Pengguna Shopee di Universitas Diponegoro).” Jurnal Masyarakat Informatika 15.1 (2024): 39–55.
Alawiyah, Fajar Fina, and Dila Seltika Canta. “Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Shopee Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ).” Journal of Information System Research (JOSH) 3.4 (2022): 344–350.
Angin, Johanes Terang Kita Perangin, and Bayu Teta. "Pengaruh Dimensi Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna E-commerce Shopee di Kalangan Mahasiswa STMIK TIME." Manajemen: Jurnal Ekonomi 7.1 (2025): 84–92.
Asasunnaja, Rinny. “Analisis Kepuasan Pengguna E-Commerce Shopee Menggunakan Model End-User Computing Satisfaction (EUCS).” Jurnal Informatika dan Teknologi Komputer (J-ICOM) 6.1 (2025): 38–44.
Chrishariyani, Cahya Dewi AAP, Yusril Rahman, and Qurrotul Aini. “Kepuasan pengguna layanan shopee food menggunakan algoritma naive bayes.” Jurnal Sistem Informasi Bisnis 12.2 (2022): 98–105.
Daryanti, Putri, and Muchsin Saggaff Shihab. “Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Konsep E-Servqual (Studi Kasus Pelanggan Shopee).” Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI) 2.3 (2019): 120–127.
Fitria, Rahma, and Muhammad Ikhwani. “Sistem Informasi Pengukuran Matriks Iso Usability Testing Berbasis Web: Studi Kasus Shopee.” Jurnal Informatika Kaputama (JIK) 7.2 (2023): 166–173.
Hidayatuloh, Sarip, and Yusrina Aziati. “Analisis pengaruh user experience terhadap kepuasan pengguna mobile application e-commerce shopee menggunakan model delone & mclean.” Jurnal Ilmiah Teknik Informatika (TEKINFO) 21.1 (2020): 73–83.
Huda, Nurul, et al. “Analisis Usability Testing Menggunakan Metode SUS (System Usability Scale) Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Shopee.” Jurnal Sistem Informasi dan Sistem Komputer 8.2 (2023): 208–220.
Juwita, Ratna, Roswati Roswati, and Tata Sutabri. “Analisis Tingkat Kepuasaan Pengguna Aplikasi Shopee di Kalangan Gen Z Menggunakan Regresi Sederhana.” J-ENSITEC 10.02 (2024): 10101–10106.
Li, Forrest. “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap User Interface Aplikasi E-Commerce Shopee Menggunakan Metode EUCS di Jakarta Barat.” (2023).
Nugroho, Doni Tri, et al. “The Impact of Implementing Usability Principles in UI/UX on Consumer Purchase Intention on the Shopee Platform.” Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi 14.2 (2025): 687–701.
Patimah, Endah, Ermatita Ermatita, and Nurul Chamidah. “Analisis Cluster Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan Shopee Menggunakan Algoritma K-Means.” Informatik: Jurnal Ilmu Komputer 17.3 (2021): 209–217.
Putri, Nyayu Khairani, Dian Septianti, and Nina Fitriana. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan E-Commerce Shopee Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee Indonesia Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tridinanti Palembang Pengguna Shopee.” Jurnal Kompetitif 11.2 (2022).
Rismawan, Muhammad Naufal Rifqi, and Suparni Suparni. “Analisis User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Shopee Menggunakan Metode HEART Framework.” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) 9.1 (2025): 1–8.
Shania, Maulidhatus, and Tranggono Tranggono. “Analisis Usability Pada Aplikasi Shopee Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS).” Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual 9.2 (2024): 452–465.
Tandiarny, Yessi, and Yeni Saharaeni. “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Shopee Paylater Menggunakan Metode User Experience Questionnaire.” KHARISMA Tech 20.1 (2025): 1–14.
Tresna, Pratami Wulan, Tetty Herawati, and Ratna Meisa Dai. “The Influence of Customer Experience on Repurchase Intention to Shopee Application Users.” Review of Integrative Business and Economics Research 10 (2021): 94–102.
Ubaydillah, Marlinda Sanglise, and Alex De Kweldju. “Analisis Penilaian Kualitas Website Shopee Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode WebQual 4.0.” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) 9.3 (2024): 1484–1493.
Wijaya, Liean Toni, and Eko Humair Pramudita. Analisis User Interface Website E-Service Regional II di PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional II Palembang Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Palcomtech, 2022.
Zikry, Arief, et al. “Analisis Penggunaan AI dalam Keberhasilan Customer Experience Pengguna Aplikasi E-Commerce Shopee.” Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business 4.3 (2024): 766–781.
DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v8i1.15092
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.









