Evaluasi dan Perancangan Ulang UI/UX Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) pada Aplikasi Jogja Smart Service (JSS)

Maretta Endah Prameswari, Kholid Haryono

Sari


Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mendorong digitalisasi layanan publik, salah satunya melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS) yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta. Namun, hasil observasi awal menunjukkan bahwa aplikasi ini masih menghadapi berbagai kendala dalam aspek antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX), seperti tampilan yang kurang intuitif, navigasi yang tidak konsisten, serta informasi yang sulit diakses. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan merancang ulang UI/UX aplikasi JSS menggunakan metode User Centered Design (UCD). Metode ini melibatkan pengguna secara aktif dalam setiap tahap pengembangan, yaitu memahami konteks penggunaan, mengidentifikasi kebutuhan pengguna, membuat solusi desain, serta mengevaluasi desain berdasarkan kebutuhan yang ditemukan. Pengujian dilakukan menggunakan System Usability Scale (SUS) terhadap 20 responden yang terdiri dari masyarakat umum dan mahasiswa di Yogyakarta. Hasil evaluasi menunjukkan rata-rata skor SUS sebesar 76,875 yang termasuk kategori “Good” dan “Acceptable”. Temuan ini membuktikan bahwa pendekatan UCD efektif dalam meningkatkan usability, kenyamanan navigasi, serta kepuasan pengguna terhadap aplikasi JSS. Dengan demikian, desain ulang UI/UX yang dilakukan mampu menjawab kebutuhan pengguna serta memperkuat fungsi JSS sebagai layanan publik digital yang inklusif, mudah diakses, dan efisien

Kata Kunci


Pengalaman pengguna;Desain Antarmuka; Jogja Smart Service (JSS); User Centered Design (UCD), System Usability Scale (SUS).

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


I. Prayanthi, E. Lompoliu, and R. D. Langkedeng, “Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi Dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi,” Klabat Account. Rev., vol. 1, no. 2, p. 1, 2020, doi: 10.60090/kar.v1i2.475.1-11.

M. G. Gumilar, “Inovasi Pemerintah Daerah Jogja Smart Service Dalam Menciptakan Smart and Liveable City Di Kota Yogyakarta,” J. Gama Soc., vol. 3, no. 1, p. 19, 2020, doi: 10.22146/jgs.50012.

Kominfo, “Optimalkan Penggunaan Teknologi untuk Tingkatkan Pelayanan Publik,” Komdigi RI, 2021. https://www.komdigi.go.id/berita/berita-pemerintahan/detail/optimalkan-penggunaan-teknologi-untuk-tingkatkan-pelayanan-publik

N. F. Hidayat and Ridi Ferdiana, “The Development of Mobile Client Application in Yogyakarta Tourism and Culinary Information System Based on Social Media Integration,” Int. J. Adv. Comput. Sci. Appl., vol. 3, no. 10, pp. 71–75, 2012, doi: 10.14569/ijacsa.2012.031012.

K. C. Lin, L. S. Chang, C. M. Tseng, H. H. Lin, Y. F. Chen, and C. L. Chao, “A smartphone APP for health and tourism promotion,” Math. Probl. Eng., vol. 2014, 2014, doi: 10.1155/2014/583179.

A. Williams, “User-centered design, activity-centered design, and goal-directed design: A review of three methods for designing web applications,” SIGDOC’09 - Proc. 27th ACM Int. Conf. Des. Commun., pp. 1–8, 2009, doi: 10.1145/1621995.1621997.

C. E. Zen, S. Namira, and T. Rahayu, “Rancang Ulang Desain UI (User Interface) Company Profile Berbasis Website Menggunakan Metode UCD (User Centered Design),” Semin. Nas. Mhs. Ilmu Komput. dan Apl., no. April, pp. 17–26, 2022.

J. Kirakowski and N. Bevan, “Information Engineering Usability Support Centres WP 6 Deliverable D6.2 Handbook of User-Centred Design,” Telematics Applications Project IE. 2016.

J. Brooke, “SUS: A ‘Quick and Dirty’ Usability Scale,” Usability Eval. Ind., pp. 207–212, 1986, doi: 10.1201/9781498710411-35.

A. Bangor, J. A. Miller, and P. Kortum, “Determining what individual SUS scores mean; adding an adjective rating,” J. usability Stud., vol. 4, no. 3, pp. 114–23, 2009.

H. Al Rosyid, D. P. Rakhmadani, and S. D. Alika, “Evaluasi Usability pada Aplikasi OVO Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS),” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 6, p. 1808, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i6.5073.

J. Sauro, A practical guide to measuring usability : 72 answers to the most commom questions about quantifying the usability of Websites and software. 2010.

A. I. H.N, P. I. Santosa, and R. Ferdiana, “Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale Website Usability Testing using System Usability Scale,” J. IPTEK-KOM, vol. 17, no. 1, pp. 31–38, 2015.

N. H. Lubis, R. M. Candra, M. Irsyad, and T. Darmizal, “Analisa dan Rekomendasi User Interface Website Berita Menggunakan Metode User Centered Design (UCD),” Techno.Com, vol. 21, no. 4, pp. 778–794, 2022, doi: 10.33633/tc.v21i4.6903.

H. Khairina F, “User Flow: Pengertian, Manfaat, serta Jenis-jenisnya,” Glints Taploker, 2023. https://glints.com/id/lowongan/user-flow-adalah/

D. A. Pratama, “Low-Fidelity vs High-Fidelity Prototyping,” Dicoding, 2023. https://www.dicoding.com/blog/low-fidelity-vs-high-fidelity-prototyping/

A. Dharma Kusuma, “No Apa itu Wireframe? Perbedaan Wireframe, Mockup, dan Prototype,” Dicoding Intern, 2021. https://www.dicoding.com/blog/wireframe-adalah/

T. S. Riski, “Apa itu UI Kit? Dan Apa Kegunaannya?,” Binus University School of information Systems, 2020. https://sis.binus.ac.id/2020/10/19/apa-itu-ui-kit-dan-apa-kegunaannya/

Angga, “Penggunaan Tipografi yang Efektif pada Desain User Interface,” Buildwith Angga, 2023. https://buildwithangga.com/tips/penggunaan-tipografi-yang-efektif-pada-desain-user-interface

R. Sianturi, “User Interface Standards,” Two Points, 2017. https://riyanthisianturi.com/user-interface-style-guide/

M. I. Iskandar, “Interaction Design: Komponen Penting dalam User Experience,” PhinCon, 2024. https://phincon.com/articles/interaction-design/




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v8i1.15269

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 

JournalStories Main logo JournalStories Main logo

 

Flag Counter