Penerapan Customer Relationship Management (CRM) dan Segmenting Targeting Positioning (STP) Pada Sistem Informasi Pemasaran Digital Produk Janshine Shampoo Berbasis Media Sosial
Sari
Pemasaran digital melalui media sosial telah merevolusi promosi produk, mendorong perusahaan mengadopsi Customer Relationship Management (CRM) dan Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP). Penelitian ini mengevaluasi efektivitas integrasi kedua strategi tersebut pada sistem informasi pemasaran digital Janshine Shampoo di media sosial. Menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan survei dan observasi Instagram serta TikTok, data dikumpulkan dari insight konten dan kuesioner daring, kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil menunjukkan promosi gambar statis efektif menjangkau audiens luas, sementara reel video lebih unggul dalam membangun interaksi dan menarik pengikut baru. Meskipun demikian, interaktivitas CRM masih satu arah dan positioning merek memerlukan komunikasi yang lebih konsisten. Kombinasi format konten yang tepat dan optimalisasi interaksi pelanggan kunci untuk loyalitas dan niat beli konsumen.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Aduski, E. 2020. "Analisis Strategi Pemasaran Produk Digital CRM di PT Infomedia Nusantara". Jurnal MBIA. 19. 2, 153–169.
Andaryani, CV. Alifahmi, H. 2023. "Penerapan Customer Relationship Management Dalam Sosial Media Untuk Mempertahankan Loyalitas Pelanggan". Jurnal Pustaka Komunikasi. 6. 2, 404–17.
Fitriani, R. Ikah, I. Amin, MRF. 2023. "Analisis Pengaruh Iklan di Media Sosial TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik di Era Digital". Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Tektologi Industri. 9. 1, 240.
Luthfiandana, R. Barus, GA. Nuraeni, N. 2024. "Marketing Strategy: Segmenting, Targeting, and Positioning for Digital Business (Literature Review)". Siber International Journal of Digital Bisiness (SIJDB). 2. 1, 11–22.
Maulana, A. Purnamasari, LS. Srimukti, A. Angelita, K. 2023. "Strategi Customer Relationship Management Berbasis Influencer untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen pada Produk Kecantikan Lokal". JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. 7. 4, 3490–3506.
Salamah, A. 2023. "Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Kosmetik Mirabella". Jurnal Ilmu DIsiplin (JIM). 3. 4, 309–316.
Satyagraha, BA. Soelaiman, L. 2023. "The Effect of Social Media for Customer Relationship Management on Sme’S Performance With Social Competence and Sales Intensity As Moderating Variables". International Journal of Application on Economics and Business. 1. 2, 186–193.
Shoib, AA. Dewi, AP. Prista, D. Wahyu, FD. 2024. "Analisis Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) pada UMKM Pengrajin Keramik (Studi Kasus pada UMKM Denis Souvenir Sulastri)". Jurnal Bintang Manajemen. 2.
Sani, SA. Aslami, N. 2022. "Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Dan Positioning) Pada Produk Kecantikan House Of Beauty Cabang Kota Pematangsiantar". MAMEN Jurnal Manajemen. 1. 1, 18–26.
Sulistyawati, W. Wahyudi. Trinuryono, S. 2022. "Analisis Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning Saat Pandemi Covid-19 (Deskriptif Kuantitatif Di Sman 1 Babadan Ponorogo)". KadikmA. 13. 1, 68.
Syafii, M. Budiyanto, NE. 2022. "Penerapan Digital Marketing dengan Analisis STP (Segmenting, Targeting, Positioning)". Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak. 4. 1, 66.
Wahyudi, MAT. Hermawan, A. Ilham, M. 2024. "Penerapan Customer Relationship Management (CRM) bagi UMKM". Jurnal Inovasi Bisnis Manajemen dan Akuntansi. 2. 2, 175–185.
DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v8i1.15304
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.









