Sistem Informasi Layanan Pelanggan Berbasis Web Di PDAM Kabupaten Grobogan

Nur Ivo Jayanti
Muhammad Arifin
Anteng Widodo

Abstract


Layanan Pelanggan merupakan bagian aset yang penting dari suatu perusahaan untuk memberikan kepuasaan terhadap pelanggan. Dibutuhkan langganan prima sebagai sistem penunjang pelayanan yang interaktif terhadap respon keinginan pelanggan, sehingga dapat memberi kesan yang baik terhadap pelanggan. Untuk membantu meningkatkan pelayanan bagi pelanggan PDAM Kabupaten Grobogan diperlukan suatu sistem yang terintegrasi dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah membangun suatu sistem layanan publik yang dapat mempermudah penyampaian informasi seperti : melakukan pendafataran sambung baru, menyampaikan pengaduan, mengecek info tagihan, pencatatan meteran oleh pegawai dan lain-lain. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall. Metode perancangan menggunakan model UML (Unified Modeling Language) yang diimplementasikan ke dalam aplikasi berbasis web dengan memanfaatkan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis data. Tahapan akhir dalam perancangan sistem adalah mengadakan pengujian terhadap aplikasi dengan menggunakan metode Blackbox.

Keywords


Sistem; pendaftaran; pengaduan; tagihan; meteran

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


Amin, S. (2014). Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan dan Tagihan Rekening Pelanggan Pada PDAM Kabupaten Jepara. Universitas Dian Nuswantoro.

Aris, Laeliyah, Putra, M. I., Priskilawati, & Sihabudin. (2017). Aplikasi Sistem Pelayanan Data Pelanggan Berbasis Web Pada PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang. Konferensi Nasional Sistem & Informatika.

Ladjamudin, A.-B. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Munir, S., & Hermawan, I. (2016). Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Meteran Air PDAM Berbasis Web Menggunakan Framework MVC Studi Kasus PDAM Bogor. Teknologi Terpadu

Murtopo, A. A., & Angesti, D. C. (2017). Sistem Informasi Pelayanan Tagihan Rekening dan Pengaduan Pelanggan Berbasis SMS Gateway Di PDAM Kota Tegal. Simetris.

Rosa, A. S., & Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Informatika Bandung.

Sholiq. (2006). Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Soumokil, T. A., & Manuputty, A. D. (2013). Perancangan Sistem Informasi Kepuasan Pelanggan untuk Pelayanan Pemasangan Baru dan Handling Complaint Berbasis Web (Studi Kasus : PDAM Kota Salatiga). Universitas Kristen Satya Wacana.

Triyanto, A.T., Arifin, M. (2018) Aplikasi Distribusi Informasi dan Sarana Aduan Masyarakat Berbasis Android SMS Gateway, IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, Vol. 7 No. 2




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v1i2.2657

Article Metrics

Abstract views : 314| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 101

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: