Implementasi Customer Relationship Management Untuk Optimasi Pelayanan Pelanggan Makanan Tradisional Rengginang Berbasis Web Dan TAWK

Heru Saputro - [ http://orcid.org/0000-0002-2626-494X ]
Teguh Tamrin

Abstract


Kabupaten Jepara dikenal sebagai kota ukir terdapat juga wisata pantai maupun oleh-oleh, serta Usaha Mikro Kecil Menengah. Potensi Usaha Mikro Kecil Menengah di jepara sekarang ini sudah banyak bermunculan karena mendatangkan keuntungan bagi pemerintah daerah. Usaha Mikro Kecil Menengah sendiri terdiri dari berbagai macam salah satunya makanan. Dari disisi lain akan menyebabkan makin banyak persaingan, sedangkan penjualannya rengginang masih dijual ditoko sehingga pembeli harus datang langsung ke lokasi toko sedangkan pembeli hanya di sekitar lokasi penjual dan belum merambah ke penjualan online. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun web penjualan online rengginang yang berisi informasi, jual beli dan tentunya sebagai brand sebuah produk rengginang. Metode yang digunakan yaitu Waterfall berbasis Customer Relationship Management dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, kemudahan dan keleluasaan dalam memberikan informasi jual beli yang dibutuhkan konsumen serta proses transaksi bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Keywords


Rengginang; waterfall; customer relationship management; website

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


Wandansari, Nini Dewi. 2013. “perlakuan akuntansi atas pph pasal 21 pada pt. Artha prima finance kotamobagu,” 9.

Sucipto, Adi, R Hadapiningradja Kusumodestoni, Akhmad Khanif Zyen, dan Muhamad Husen. 2018. “Penerapan Aplikasi Mobile Information Karimun Island Menggunakan Ionic Framework” 7 (1): 10.

Arumsari, Adelia Lukyta, dan I Ketut Budiartha. 2016. “Pengaruh Profesionalisme Auditor, Independensi Auditor, Etika Profesi, Budaya Organisasi, Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Auditor Pada Kantor Akuntan Publik Di Bali,” 8.

Budiardjo, Eko K, dan Faldy Irwiensyah. 2008. “Analisis Fitur Crm Untuk Meningkatkan Kepuasan Pasien - Berbasis Pada Framework Of Dynamic Crm Studi Kasus: Departemen Obstetri Dan Ginekologi Fkui - Rscm Jakarta,” 9.

Mustaqbal, M Sidi, Roeri Fajri Firdaus, dan Hendra Rahmadi. t.t. “(Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN),” no. 3: 6.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v1i2.2893

Article Metrics

Abstract views : 840| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 603

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: