Evaluasi Kinerja SI Project Management Menggunakan Framework Cobit 5 Subdomain MEA 01

Eka Widilianie
Augie David Manuputty

Abstract


Project management PT. Visionet Data Internasional adalah salah satu bagian yang membantu perusahaan untuk memantau project yang dikerjakan oleh perusahaan. Project management memerlukan sistem untuk melakukan pengolahan, pengawasan, dan evaluasi terhadap sistem yang ada secara berkelanjutan. Evaluasi kinerja SI salah satunya bisa dilakukan dengan menggunakan framework COBIT 5 dengan domain MEA subdomain MEA 01 dimana kerangka kerja yang ada untuk menyediakan standar dalam kerangka kerja domain yang terdiri dari sekumpulan proses IT. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif terhadap tim project management sebagai sumber informasi dalam analisa kinerja sistem informasi. Hasil dari penelitian ini yaitu rekomendasi yang disusun berdasarkan kondisi Project Management PT. Visonet Data Internasional.

Keywords


project management; COBIT 5; MEA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bungin, B. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dewi Cipnaningrum, d. (2015). Audit Keamanan Sistem Informasi Pada Kantor Pemerintah Kota Yogyakarta Menggunakan COBIT 5. UKM, 1-15.

ISACA. (2011). COBIT 5 Process Ref Guide ED. Jakarta: ISACA.

ISACA. (2012). COBIT 5 Enabling Processes, Rolling Meadows. Jakarta: ISACA.

ISACA. (2012). COBIT 5 Framework, Rolling Meadows. Jakarta: ISACA.

ISACA. (2012). COBIT 5 Implementation, Rolling Meadows. Jakarta: ISACA.

ISACA. (2012). Process Assessment Model (PAM) Using COBIT 5. Jakarta: ITGI.

Kristanto, T. (2016). Analisis Tingkat Kematangan E-Government Menggunakan Framework COBIT 5 (Studi Kasus: Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surabaya). Seminar Nasional SI Indonesia, 115.

Oktariana, T. (2017). Tata Kelola Teknologi Informasi COBIT 5 (Study Kasus: Disdikpor). Jurnal Informatika, 1-15.

Ryan Randy Suryono, d. (2018). Audit Tata Kelola Teknologi Informasi menggunakan Frmaework COBIT 5 (Studi Kasus: Balai Besar Perikanan Budidaya Laut). TEKNOINFO, 1-15.

Waluyo Guide, d. (2016). Evaluasi Kinerja Tata Kelola TI Terhadap Penerapan Sistem Informasi Starclick Framework Cobit 5 (studi kasus: PT.Telekomunikasi Indonesia, Tbk Semarang). TEKNOSI, 110.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v2i1.3160

Article Metrics

Abstract views : 1619| PDF views : 1294

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: