Implementasi Framework Cordova Sebagai Solusi Pengembangan Aplikasi Cross-Platform

Nurwanto Nurwanto

Abstract


Dalam beberapa tahun terakhir, pasar perangkat seluler terutama smartphone, telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Khususnya, smartphone dengan sistem operasi adalah Android dan iOS. iOS dan Android merupakan dua platform dengan pangsa pasar yang tetap signifikan untuk pengembangan aplikasi mobile. Masing-masing platform ini memiliki infrastruktur pengembangannya sendiri. Tantangan utama yang dihadapi penyedia aplikasi adalah menawarkan solusi untuk semua platform di pasar. Namun, untuk mencapai tujuan ini biasanya membutuhkan biaya pengembangan tinggi. Tujuan pengembangan aplikasi cross-platform adalah mempertahankan basis kode yang sama untuk berbagai platform. Dengan demikian, upaya pengembangan dan biaya berkurang secara signifikan. Saat ini, teknologi cross-platform menjadi sangat penting dan saat ini tersedia banyak framework yang dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi cross-platform. Salah satu framework yang paling populer adalah Apache Cordova yang menggunakan teknologi HTML, JavaScript dan CSS. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengimplementasikan framework Cordova sebagai solusi pengembangan aplikasi cross-platform. Hasil penelitian ini yaitu menghasilkan 2 aplikasi dengan platform berbeda yang dibangun dengan basis kode tunggal. Dengan framework Cordova memungkinkan mengembangkan aplikasi cross-platform sehingga dapat mengurangi biaya pengembangan. Setelah dilakukan 2 kali pengujian maka hasil yang dapat disimpulkan yaitu kedua aplikasi berfungsi dengan baik akan tetapi terdapat perbedaan pada tampilannya. Tampilan aplikasi yang sudah di-build menjadi APK dengan menggunakan framework Cordova dan dijalankan pada smartphone Android semua bagian ditampilkan secara vertikal menyesuaikan resolusi layar pengguna sedangkan aplikasi yang dijalankan pada browser desktop semua bagian ditampilkan secara horizontal.

Keywords


android, cordova; cross-platform; HTML5

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


F. Rösler, A. Nitze, and A. Schmietendorf, “Towards a Mobile Application Performance Benchmark,” Int. Conf. Internet Web Appl. Serv., no. c, pp. 55–59, 2014.

C. Rieger and T. A. Majchrzak, “Towards the definitive evaluation framework for cross-platform app development approaches,” J. Syst. Softw., vol. 153, pp. 175–199, 2019.

L. Corbalan, J. Fernandez, A. Cuitiño, L. Delia, P. Thomas, and P. Pesado, “Development Frameworks for Mobile Devices : A Comparative Study about Energy Consumption,” Dl.Acm.Org, pp. 191–201, 2018.

H. BjörklundBj, “Evaluation of Cross-Platform Mobile Development Tools Development of an Evaluation Framework,” 2015.

W. S. El-Kassas, B. A. Abdullah, A. H. Yousef, and A. M. Wahba, “Taxonomy of Cross-Platform Mobile Applications Development Approaches,” Ain Shams Eng. J., vol. 8, no. 2, pp. 163–190, 2017.

C. Rieger and T. A. M. B, “Information Systems: Research, Development, Applications, Education,” vol. 300, pp. 18–39, 2017.

C. M. S. Ferreira et al., “An Evaluation of Cross-Platform Frameworks for Multimedia Mobile Applications Development,” IEEE Lat. Am. Trans., vol. 16, no. 4, pp. 1206–1212, 2018.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi) Edisi 7 : Buku 1. Yogyakarta: Andi, 2012.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v2i1.3396

Article Metrics

Abstract views : 188| PDF views : 147

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: