Analisis Audit Sistem Informasi Berbasis COBIT 5 Pada Subdomain APO11 Manage Quality

Christopher Hansel Kuntadihardja
Andeka Rocky Tanaamah

Abstract


Pengelolaan Teknologi Informasi (TI) dapat digunakan untuk menjamin efisiensi dan penerapan manajemen kualitas, sehingga proses bisnis setiap perusahaan atau organisasi dapat berjalan dengan baik, dan juga sesuai dengan tujuan utama perusahaan. Maka dari itu dibutuhkan pengelolaan dan peniliaian terhadap manajemen kualitas yang diterapkan di suatu perusahaan. Analisis audit sistem informasi pada penelitian ini menggunakan framework COBIT 5 yang berfokus pada domain Align, Plan, and Organise (APO) yaitu APO11 Manage Quality. Penilaian level kapabilitas akan dilakukan terhadap APO11 Manage Quality pada divisi di sebuah perusahaan ritel yang sudah menggunakan teknologi informasi dalam setiap proses bisnisnya. Peniliaian level kapabilitas APO11 dilakukan untuk evaluasi terhadap penerapan manajemen kualitas yang ada di divisi. Hasil keseluruhan pengukuran manajemen kualitas di divisi ini mencapai level 2 (Manage process). Dari hasil level yang diperoleh, disusun rekomendasi yang dapat diterapkan oleh divisi ini agar level kapabilitas APO11 mencapai level yang diinginkan yaitu level 3 (Established processs) sehingga dapat mendukung proses bisnis perusahaan dari sisi teknologi informasi.

Keywords


framework cobit 5; manajemen kualitas; level kapabilitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Wella, (2016). Audit Sistem Informasi Menggunakan COBIT 5.0 Domain DSS pada PT Erajaya Swasembada, Tbk. Tangerang: Universitas Media Nusantara. (Vol. VII, No. 1)

Juliandarini. Handayaningsih, Sri, (2013). Audit Sistem Informasi pada Digilib Universitas XYZ Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 4.0. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan. (Vol. 1, No. 1)

Weber, Ron, (1999). Information System Control and Audit. Queensland: Prentice Hall.

Pragita, Cantika, Dkk. (2014). Analisis Audit Sistem Informasi Pada Domain APO (Align, Plan and Organise) Manage Quality Dengan Menggunakan Cobit Framework. Bandung: Universitas Telkom Bandung. (Vol.1, No.1).

Irwanto, Aris, Dkk. (2017). IT Process dari COBIT 5 untuk Audit Sistem Informasi Keuangan dalam Audt Laporan Keuangan. Jakarta: Jurnal Univeristas Muhammadiyah.

Faizin, Nur, Ilham. M, Dkk. (2015). Pembangunan Tools Audit Sistem Informasi Berdasarkan COBIT 5 pada Domain Align, Plan, And Organize (APO). Surabaya: Universitas Airlangga. (Vol. 1, No. 2).

Abbott, Andrew. (2001). Time Matters: On Theory and Method. Chicago & London: The University of Chicago Press.

Sukmadinata, Syaodih, Nana. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

ISACA. (2012). COBIT 5 : Process Assessment Model (PAM). USA: ISACA.

Omari, Al, Dkk. (2012). Optimising COBIT 5 for IT Governance. Queensland: Queensland University of Technology. (Vol. 2, No.1).

ISACA, (2012). COBIT 5: A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT. USA: ISACA.

IT Product Solution, (2018). Handbook For New Employee First Edition. Bandung: IT Product Solution.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v2i1.3492

Article Metrics

Abstract views : 3451| PDF views : 1442

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: