Perancangan Sistem Informasi Lembaga Kemahasiswaan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

Rizki Apri Yustika Manurung
Augie David Manuputty

Abstract


Lembaga Kemahasiswaan (LK) Univeristas Kristen Satya Wacana sebagai sebuah unit memiliki prosedur administratif yang terstruktur yang melibatkan berbagai unit terkait. Prosedur administratif tersebut berdampak terhadap adanya dokumen-dokumen yang dibutuhkan sebagai dasar melaksanakan program dan kegiatan. Prosedur administratif yang berjalan masih menggunakan berkas fisik dengan menggunakan kertas dan tinta printer. Akibatnya sering ditemukan masalah seperti pengelolaan proses dan dokumen yang memakan waktu, hilangnya dokumen, dan proses pendokumentasian yang belum terstruktur. Berdasarkan uraian tersebut sistem informasi yang terkomputerisasai dipandang dapat mendukung pengelolaan proses dan dokumen yang ada di LK. Metodologi pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan tahapan penelitian untuk mendekati masalah, melakukan analisa kemudian merancang sistem informasi. Perancangan sistem menggunakan pemodelan Flowchart (bagan alur kerja sistem), Data Flow Diagram (DFD), dan Entity Relationship Diagram (ERD).


Keywords


sistem informasi; lembaga kemahasiswaan; flowchart; DFD; ERD

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


Wamese, Yoga Marsal. 2018. “Sistem Informasi Event Pekan Kretivitas Mahasiswa (PKM) Di UIN Raden Fatah Palembang”. Universitas Islam Negeri Raden Patah. 1-3.

Kristiani,Tika Kristiani, Halim Fathoni, Zuriati. 2018. “Aplikasi Pencatatan Partisipasi Kegiatan Lomba Mahasiswa Universitas XYZ Berbasis Web”. Politeknik Negeri Lampung. 1-2.

Hartono, Jogiyanto. (2005). Analisis Dan Desain: Sistem Informasi Pendekatan Tersetruktur Teori Dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

A.S Rosa, M.Shalahuddin. (2004). Rekayasa Perangkat Lunak: Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Brown, Dan M. (2010). Communicating Design: Developing Web Site Documentation for Design and Planning. New Riders.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v3i1.4703

Article Metrics

Abstract views : 1508| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 5099

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: