Sistem Informasi Pengelolaan Manajemen Atlet pada Persatuan Sepak Bola Indonesia di Kabupaten Blora Berbasis Web Responsive

Dyah Nurul Safitri
Arif Setiawan
Syafiul Muzid

Abstract


Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) adalah organisasi resmi dari sepak bola di Indonesia. Di Kabupaten Blora terdapat klub kebanggaan masyarakat Blora yaitu Persatuan Sepak Bola Indonesia Kabupaten Blora (PERSIKABA), dibawah pengelolaan manajemen Asosiasi Kabupaten (ASKAB) PSSI Blora. Dalam pengembanggannya terdapat kendala yaitu proses pendaftaran masih dilakukan secara langsung, pengelolaan data masih tersebar dalam beberapa dokumen, presensi yang masih dilakukan dengan pencatatan satu-persatu, dan kesulitan pelatih dalam mengetahui perkembangan performa pada setiap atletnya.

Penelitian ini menggunakan pengembangan waterfall dengan analisa kebutuhan melalui observasi, interview dan studi pustaka. Hasil analisa pada perancangan sistem akan digambarkan menggunakan metode UML (Unified Modelling Language) dan implementasinya dalam sebuah web responsive dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi yang dapat membantu mengelola data dan memudahkan pelatih untuk mengetahui perkembangan performa pada setiap atlet. Sehingga, dapat digunakan sebagai acuan dalam keikutsertaan event/pertandingan. Serta dilengkapi dengan fitur QRCODE untuk proses presensinya

Keywords


sistem informasi; pengelolaan; manajemen; atlet; web responsive; QRcode

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] D. A. Hidayati and I. Krismayani, “Literasi Informasi Mahasiswa Atlet Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang,” J. Ilmu Perpust., vol. 6, no. 2, pp. 111–120, 2019.
[2] E. M. Soma, “Sistem Informasi Berbasis Web Atlet Berprestasi Pada FORKI Kota Semarang,” Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, 2014.
[3] Lismadiana, “Manajemen pembinaan atlet berbakat (PAB) cabang olahraga bulutangkisDaerah Istimewa Yogyakarta,” JORPRES (Jurnal Olahraga Prestasi), vol. 17, no. 2, pp. 148–155, 2021.
[4] P. Armaya, “Peranan Sistem Informasi Manajemen dan Manajemen Pembinaan Terhadap Pengambilan Keputusan Atlet Binaan Di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Medan,” Universitas Dharmawangsa, Medan, 2019.
[5] M. A. Murtadho, N. A. Musthofa, and S. Mutrofin, “Implementasi Quick Response(QR) COde Pada Aplikasi Validasi Dokumen Menggunakan Perancangan Unified Modelling Language (UML),” J. Ilm. Tek. Inform., vol. 10, no. 1, pp. 42–50, 2016.
[6] R. . Sukamto and Shalahudin M, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Penerbit Informatika, 2016.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v5i2.8694

Article Metrics

Abstract views : 276| PDF views : 140

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: