Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas XI SMA Menggunakan Gimkit pada Materi Fungsi Nilai Mutlak

Muhammad Aidil Fitrisyah, Rasdiana Windarti, Elika Kurniadi

Abstract


Hasil belajar menunjukkan perkembangan siswa dalam hal pengetahuan (ingat, pahami, terapkan, dan seterusnya), sikap (menerima, berpartisipasi, dan lain-lain), serta keterampilan (persepsi, gerakan, dan kreativitas) setelah mengikuti pembelajaran. kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika yang membuat hasil belajar mereka rendah. khususnya pada materi-materi yang dianggap abstrak. tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI.9 materi fungsi nilai mutlak menggunakan Gimkit. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Palembang Tahun Pelajaran 2023/2024. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI.9 sebanyak 34 orang. Dalam penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan melalui beberapa siklus yaitu siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian didapat terjadinya peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan media pembelajaran menggunakan Gimkit. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai hasil belajar matematika pada siklus I yang terdiri dari nilai rata-rata siswa sebesar 78.08 dan persentase ketuntusan sebesar 70.59%. Dan peningkatan nilai hasil belajar matematika siswa diperoleh pada siklus II yaitu nilai rata-rata siswa sebesar 87.06 dan persentase ketuntusan sebesar 100%.

Keywords


Fungsi Nilai Mutlak, Gimkit, Hasil Belajar

References


Aini, C. N., Rahayu, R. N., Maulita, R. N., & Kusuma, R. V. (2024). IMPLEMENTASI GIMKIT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 TUBAN. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 5(9), 71-80.

Febriyanti, C., & Seruni, S. (2015). Peran minat dan interaksi siswa dengan guru dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3).

Hafiyya, N., & Hadi, M. S. (2023). Implementasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Education Game Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Matematika. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1646-1652.

Hasibuan, I. (2015). Hasil belajar siswa pada materi bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal peluang, 4(1).

Husniyah, R. D. A. H. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 01 Pondok Modern Paciran. Jurnal Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 170-185.

Julyanti, E., Rahma, I. F., Chanda, O. D., & Nisah, H. (2021). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 7(1), 7-11.

Misrawati, M., & Suryana, D. (2022). Bahan ajar matematika berbasis model pembelajaran tematik terhadap kemampuan berhitung anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 298-306.

Noerbella, D. (2022). Implementasi program kampus mengajar angkatan 2 dalam meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi peserta didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 480-489.

Novrizal, F., Nurmali, N., & Resnani, R. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS pada Siswa Kelas IV SD Negeri 52 Kota Bengkulu. TRIADIK, 22(1), 121-130.

Nursyam, A. (2019). Peningkatan minat belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 811-819.

Pratiwi, A. C., Daud, F., Taiyeb, A. M., Junda, M., & Marzuki, N. I. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Gimkit sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Bagi Guru Sekolah Menengah. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 72-76.

Putri, N. W. S., & Suryati, N. K. (2018). PENERAPANINKUIRI TERBIMBING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA POKOK BAHASAN ANALISIS VEKTOR DI STMIK STIKOM INDONESIA. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 8(1).

Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi program kampus mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514-3525.

Silaban, P. J. (2019). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas VI SD Negeri 066050 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Aquinas, 2(1), 107-126.

Sirait, E. D., & Apriyani, D. D. (2021, January). Pengaruh media pembelajaran google classroom dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi) (Vol. 5, No. 1).

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan tanah dan keberlangsungan kehidupan di Kelas IXb semester genap SMPN 4 Monta tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80-94.

Wardhani, A. I., Rukayah, R., & Kurniawan, S. B. (2023). Analisis Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Kurikulum Merdeka Materi Membangun Masyarakat yang Beradab. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 141-148.

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh aspek kognitif, afektif, dan psikomotor terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1-9.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v8i1.13861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: