Ekplorasi Etnomatematika pada Konsep Geometri Dalam Motif Kain Tenun Sengkang
Abstract
Penilitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep etnomatematika yang terdapat pada motif kain tradisional Wajo, Sulawesi Selatan, Kain Tenun Sengkang, dengan fokus pada penerapan konsep geometri dan nilai-nilai budaya yan terkandung didalamnya, pendekatan ini bertujuan untuk mengintegrasikan unsur budaya ke dalam pembelajaran matematika, khususnya untuk membantu memahami konsep-konsep geometri secara lebih mendalam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi serta dianalisis menggunakan teknis analisis data yaitu, triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif Kain Tenun Sengkang mengandung konsep geometri seperti garis: tegak lurus dan sejajar, kesebangunan, serta bangun datar: persegi, dan persegi panjang. Selain itu, Kain Tenun Sengkang juga mencerminkan filosofi kehidupan, kepercayaan, dan identitas budaya masyarakat Sengkang, yang tercermin melalui filosofi anyaman tenun garis-garis yang menyatu dan membentuk sebuah bidang bangun datar. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada pembelajaran matematika kontekstual dengan mengintegrasikan budaya lokal, sehingga dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep matematika, terutama konsep geometri
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v8i1.14123
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
In Collaboration With:
Indexed:
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dedicated to: