Hasil Karya Gambar Ilustrasi sebagai Respons Estetis Anak Terhadap Fenomena Covid-19 di Desa Jatisari

Risma Alfiyanti Khusna
Nur Fajrie
Mila Roysa

Abstract


Fenomena covid-19 memicu berbagai respons yang terjadi dalam menghadapi pandemi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil respons estetis karya gambar ilustrasi anak dalam fenomena covid-19. Respons estetis ialah proses menerima, menanggapi, dan memberi kesan pada segala hal baik benda-benda, alam, maupun karya seni yang dapat diserap oleh panca indra. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di desa Jatisari kecamatan Nalumsari kabupaten Jepara. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kurniadi, Bayu Dardias. 2011. Praktek Penelitian Kualitatif: Pengalaman dari UGM. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Ulfah, Taqiyyah dan Dwi Budiwiwaramulja. 2019. Analisis Karya Gambar Ilustrasi Teknik Arsir Siswa Kelas VIII di SMP Swasta Tunas Karya Batang Kuis. Gorga Jurnal Seni Rupa. Vol.8, No.1.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v2i1.6388

Article Metrics

Abstract views : 167| PDF views : 317

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeks

1. Google Scholar

2. DRJI

View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter