Interaksi Sosial Anak Usia 9 Tahun Dalam Melakukan Pembelajaran Daring Di Desa Sugihan Rw01

Ristia Nika
Siti Masfuah
Ika Ari Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk interaksi sosial anak usia 9 tahun dalam pembelajaran daring di desa Sugihan Rw01 lalu menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial anak usia 9 tahun dalam melakukan pembelajaran daring di desa Sugihan Rw01. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian berjumlah 12 yaitu 6 anak kelas IV dan 6 orang tua anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verfikasi data. Hasil dari penelitian ini bahwa adanya bentuk interaksi sosial yang dimana salah satu bentuk interaksi sosial asosiatif yang terdiri dari kerjasama, akomodasi, dan asimilasi. orang tua dengan menerapkan adanya interaksi sosial dalam pembelajaran daring dengan adanya kerjasama dengan orang tua agar menimbulkan interaksi sosial dengan cara anak disuruh untuk membantu menyelesaikan tugas rumah sebelum pembelajaran daring berlangsung, Sedangkan adanya faktor yang mempengaruhi interaksi sosial dalam pembelajaran daring maka adanya imitasi dalam interaksi sosial dalam pembelajaran daring, orang tua siswa kelas IV mengajari anaknya untuk tidak meniru apa yang temannya punya dan tidak meniru temannya yang sudah menyelesaikan tugas saat pembelajaran daring berlangsung.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v2i1.7404

Article Metrics

Abstract views : 218| PDF views : 498

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeks

1. Google Scholar

2. DRJI

View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter