User Experience Sebagai Variabel Intervening Dalam Purchase Decision Making Model Pengguna Sistem Informasi Penjualan E-Commerce Grup Go-To Selama Pandemi Covid-19

Lidwina Andrea Gunarso
Amelia Setiawan

Abstract


Frekuensi belanja online melalui platform e-commerce semakin meningkat di era digital sehingga kualitas sistem informasi penjualan platform harus memberikan pengalaman pengguna yang baik dan mendorong keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas informasi dan kebergunaan sistem terhadap pengalaman pengguna dan keputusan pembelian pada platform e-commerce Grup Go-To, Tokopedia. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif dari berbagai universitas di Indonesia berjumlah 174 orang. Analisis SEM PLS digunakan dalam menguji faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pengguna e-commerce Grup Go-To. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kualitas informasi dan kebergunaan sistem mempengaruhi pengalaman pengguna secara signifikan serta pengalaman pengguna mempengaruhi keputusan pembelian secara signifikan. Keterbatasan penelitian ini adalah asal universitas responden yang mayoritas berasal dari satu universitas yang sama dan hasil kuesioner bersifat sangat subjektif. Saran untuk penelitian berikutnya adalah mempertimbangkan faktor-faktor moderasi lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian pengguna platform e-commerce.

Kata kunci : kualitas informasi, kebergunaan sistem, pengalaman pengguna, keputusan pembelian


References


Al-Mamary, Y. H., Shamsuddin, A., & Abdul Hamid, N. A. (2018). The relationship between system quality, information quality, and organizational performance. International Journal of Knowledge and Research in Management & E-Commerce, 4(3), 7–10. Amarin, S., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengguna Aplikasi Berrybenka di Kota Bandung). Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(1), 37–52. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i1.6001 Bismaranti, N. S. (2021). Analisis Pengaruh User Interface Dan Usability Terhadap User Experience Pengguna Aplikasi Shopee Di Kota Medan. 76. Guo, X., Wang, L., Gao, Y., & Guo, L. (2021). Analysis on Influence of Business Intelligence Information Quality over User Information Adoption Based on Multiple Mediating Effects. Discrete Dynamics in Nature and Society, 2021. https://doi.org/10.1155/2021/7032037 Intanny, V., Widiyastuti, I., Dolorosa, M., & Perdani, K. (2018). Pengukuran Kebergunaan dan Pengalaman Pengguna Marketplace Jogjaplaza . id dengan Metode UEQ dan USE Questionnaire. Pekommas, 3(2), 117–126. https://media.neliti.com/media/publications/267627-measuring-usability-and-user-experience-a292205a.pdf Kotler, P., & Armstrong, G. (2020). Principles of Marketing (Fifteenth Edition). In The great impulse challenge. Nick Babich. (2020). What Is UX Design_ User Experience Definition _ Adobe XD Ideas. In Adobe. https://xd.adobe.com/ideas/career-tips/what-is-ux-design/ Nurlinda, R. (2018). Model purchase intention sebagai intervening variable dari kepercayaan , kemudahan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian di online shop. Forum Ilmiah, 15, 36–47. Rayon, Y. A., & Widagda, I. G. N. J. A. (2021). PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP PURCHASE DECISION YANG DIMEDIASI OLEH BRAND IMAGE (Studi pada AMDK Ades di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(5), 479. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2021.v10.i05.p04 Rebhee, J., Qader, A., & Natour, A. (2021). The Impact of Information Technology on The Quality of Accounting Information ( SFAC Turkish Journal of Computer and Mathematics Education. 12(13), 885–903. Rhainata, L. A., & Rachmawati, I. (2017). The Relationship between User Experience , Customer Satisfaction , Switching Cost and Customer Loyalty in Indonesia Cellular Operators. Journal Internasional, 4(3), 2851–2857. Sari, M. I., & Keni, K. (2019). Pengaruh Information Quality Dan Relationship Quality Terhadap Uncertainty Reduction Dan Purchase Intention. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 112. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.3490 Sembodo, F. G., Fitriana, G. F., & Prasetyo, N. A. (2021). Evaluasi Usability Website Shopee Menggunakan System Usability Scale (SUS). Journal of Applied Informatics and Computing (JAIC), 5(2), 146–150. https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAIC/article/view/3293 Semuel, H., Wijaya, S., & Alianto, C. (2021). Pengaruh Usability, Information Quality, Dan Interaction Quality Terhadap Web Revisit Intention Dan Purchase Intention Website Bali Tourism Board. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(1), 28–38. https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.1.28-38 Shofi Ayuningtyas, A., & Setiawan Ruslim, T. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Buying Decision Konsumen Green Product di Jakarta. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(4), 904–913. Stewart, T. (2015). User experience. Behaviour and Information Technology, 34(10), 949–951. https://doi.org/10.1080/0144929X.2015.1077578 Watulingas, E. B. (2020). the Influence of User Interface, User Experience and Digital Marketing Toward Purchase Intention (Study in Sejasa.Com). International Humanities and Applied Science Journal, 3(2), 35–39. https://doi.org/10.22441/ihasj.2020.v3i2.05




DOI: https://doi.org/10.24176/bmaj.v5i2.7905

Article Metrics

Abstract views : 725| PDF (Bahasa Indonesia) views : 1449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Business Management Analysis Journal (BMAJ)

View My Stats

Member of: 

Indexed by:

gs      

  

Flag Counter

Business Management Analysis Journal (BMAJ) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Dedicated to: