Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Cakupan Keilmuan :

Sosial Humaniora, Budaya, Teknologi, Ekonomi, Hukum, Kelembagaan, Pertanian, Politik

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Penerbitan jurnal imliah sangat tergantuung pada wasit ilmiah atau mitra bestari yang dalam banyak kasus merelakan waktu dan keahlian mereka untuk berpartisipasi  dalam proses penelaahan. Dalam proses penelaahan mitra bestari harus berlaku adil dan tidak memihak. Mitra bestari juga memiliki tanggung jawab terhadap penulis, editor, dan pembaca.

Beberapa tanggung jawab mitra bestari untuk penulis adalah sebagai berikut :

  • Memberikan umpan balik tertulis tepat waktu dengan tetap berkomitmen untuk memberikan nilai maupun manfaat ilmiah pada pekerjaan yang dilakukannya, salah satu pengimplementasiannya adalah mendokumentasikan pendapat mitra bestari secara tertulis.
  • Menunjukan apakah tulisan penulis memiliki komposisi karya yang jelas, singkat, serta relevan dan memiliki akurasi ilmiah, orisinil, serta menarik perhatian pembaca.
  • Menghindari komentar atau kritik pribadi
  • Menahan diri dari kontak langsung dengan penulis langsung tanpa izin editor
  • Menentukan prestasi ilmiah, orisinilitas, dan ruang lingkup pekerjaan; menunjukkan cara untuk memperbaikinya, dan merekomendasikan penerimaan atau penolakan saat menggunakan skala penilaian.

 

Beberapa tanggung jawab mitra bestari untuk pembaca termasuk;

  1. Memastikan bahwa artikel yang di publikasikan mematuhi standart jurnal
  2. Melindungi pembaca dari penelitian yang salah atau cacat dan kemungkinan tidak dapat di validasi oleh orang lain.
  3. Mengantisipasi penyunting karya ilmiah orang lain tanpa menyebutkan sumbernya.

 

Meskipun penyunting dan/atau mitra bestari diharapkan akan memiliki akses ke materi yang disampaikan, penulis memiliki ekpetasi yang wajar bahwa proses pemeriksaan akan tetap ketat dan rahasia.

Konflik Kritik. Mitra bestari bertugas untuk memberikan komentar terhadap naskah yang disampaikan penulis. Komentar mitra bestari harus  mengakui aspek positif dari materi yang ditelaah, mengidentifikasi aspek negative secara konstruktif serta menunjukan perbaikan yang dibutuhkan.

Kompetensi. Mitra bestari yang menyadari bahwa keahlian mereka terbatas memiliki tanggung jawab menyampaikan tingkat kompetensi mereka secara jelas kepada penyunting.

Imparsialitas dan Integritas. Komentar dan kesimpulan mitra bestari harus didasarkan pada pertimbangan obyektif dan tidak memihak dari fakta-fakta, ekslusif bisa pribadi atau professional. Seorang mitra bestari tidak boleh mengambil kepentingan ilmiah, keuangan, keuntungan pribadim atau lainnya dari bahan yang tersedia melalui komunikasi istimewa penelaahan, dan setiap usaha yang dilakukan untuk menghindari kesan mengambil keuntungan dari informasi yang diperoleh melalui proses menelaah.

Pengungkapan Konflik Kepentingan. Sedapat mungkin, sistem penelaahan  harus dirancang untuk meminimalkan bias yang nyata atau yang dirasakan pada bagian mitra bestari. Jika para mitra bestari memiliki kepentingan yang mungkin mengganggu telaahan obyektif, mereka juga harus menolak peran sebagai mitra bestari atau mengungkapkan konflik kepentingan untuk penyunting dan bertanya bagaimana sebaiknya menyikapi. Beberapa jurnal memerlukan mitra bestari untuk menandatangani formulir pengungkapan yang mirip dengan yang ditandatangani oleh penulis.

Ketepatan Waktu dan Responsif. Mitra bestari bertanggung jawab untuk bertindak segera, mengikuti instruksi untuk menyelesaikan telaah, dan mengirimkannya secara tepat waktu. Kegagalan untuk melakukan hal-hal tersebut akan merusak proses penelaahan. Setiap upaya harus dilakukan untuk menyelesaikan telaah sesuai permintaan.

Berikut beberapa hal yang perlu dihindari oleh mitra bestari :

  • Fakta yang keliru dlam penelaahan
  • Tidak wajar menunda proses telaah
  • Tidak adil mengkritik pekerjaan pesaing
  • Pelanggaran kerahasiaan dari penelaah
  • Mengusulkan perubahan yang muncul untuk mendukung karya atau hipotesis mitra bestari
  • Memanfaatkan informasi rahasia untuk mencapai keuntungan pribadi atau professional
  • Menggunakan idea tau teks dari naskah yang sedang ditelaah
  • Memasukkan kritik pribadi atau iklan dari penulis
  • Gagal untuk mengungkapkan konflik kepentingan yang akan dikecualikan mitra bestari dari proses penelaahan

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan open access yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.