PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KEPUTUSAN INVESTASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR PROPERTY DAN REAL ESTATE DI BEI

Atika Suryandani

Abstract


Globalisasi dalam bidang ekonomi memberikan kesempatan kepada setiap perusahaan untuk masuk ke lingkungan bisnis yang lebih luas dalam menghadapi MEA. Berlakunya MEA membuat perusahaan di Indonesia menghadapi tantangan untuk merebut peluang pasar dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif. Perusahaan sektor Property dan Real Estate dipilih sebagai objek penelitian alasannya karena pada tahun 2016 bisnis sektor properti mengalami kebangkitan. Perusahaan sektor Property dan Real Estate merupakan penunjang pertumbuhan pada sektor riil yang juga menjadi salah satu indikator bangkitnya kondisi makro ekonomi Indonesia yang termasuk negara berkembang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan, dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan dengan objek penelitian pada perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 3 tahun 2014 – 2016. Populasi pada penelitian ini sebanyak 40 perusahaan sedangkan sampelnya ada 19 perusahaan dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel pertumbuhan perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan, kemudian variabel ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan variabel keputusan investasi tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Keywords


Company Growth; Company Size; Investment Decision; Corporate Value



DOI: https://doi.org/10.24176/bmaj.v1i1.2682

Article Metrics

Abstract views : 334| PDF (Bahasa Indonesia) views : 1571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


free hit counter View My Stats

Member of

Index by:

 

 

 Dimensions logo

Flag Counter

Creative Commons License
Business Management Analysis Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: