Pengaruh Knowledge Management terhadap Peningkatan Kinerja UMKM dengan Kompetensi sebagai Variabel Moderasi
Abstract
This study aims to analyze the effect of knowledge management consisting of knowledge implementing, knowledge creating, and knowledge sharing on the improvement of the performance of Small Medium Enterprises (SMEs). In addition, it is also to determine whether competence can moderate the knowledge management variable on the performance of SMEs. This study used data from 57 SMEs in Kabupaten Pemalang as sample. Data were analyzed using multiple linear regression analysis, t test and F test and for the moderation test using the MRA (Moderated Regression Analysis). From the results of the analysis, it was obtained that partial knowledge implementation, knowledge creating, and knowledge sharing have significant positive effects on the performance of SMEs. Simultaneously, knowledge management has a positive effect on the performance of SMEs. The result of moderation test using MRA shows that competence cannot moderate the effect of knowledge implementing, knowledge creating dan knowledge sharing on the performance of SMEs.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh knowledge management yang terdiri dari knowledge implementing, knowledge creating, and knowledge sharing terhadap peningkatan kinerja UMKM. Selain itu juga untuk mengetahui apakah kompetensi dapat memoderasi variabel knowledge management terhadap kinerja UMKM. Sampel dalam penelitian ini adalah 57 UMKM di Kabupaten Pemalang. Data di analisis menggunakan analisis regresi linier berganda, t test, F test dan untuk tes moderasi dgunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Dari hasil analisis diperoleh hasil secara parsial secara parsial knowledge implementing, knowledge creating, and knowledge sharing memiliki pengaruh positif signifikan terhadap peningkatan kinerja UMKM. Secara simultan, knowledge management juga memiliki pengaruh positif terhadap UMKM. Hasil test moderasi menggunakan MRA menunjukkan bahwa kompetensi tidak mampu memoderasi hubungan antara knowledge implementing, knowledge creating dan knowledge sharing terhadap kinerja UMKM.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Armstrong, M. (1994) Manajemen Sumber Daya Manusia: A Handbook Of. Human Resource
Management. PT Elex Mediakomputindo. Jakarta.
Bank Indonesia dan LPPI. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
(UMKM). In Bank Indonesia dan LPPI.
Humaira, I., & Sagoro, E. M. (2018). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, dan
Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada Pelaku UMKM Sentra
Kerajinan Batik Kabupaten Bantul. Jurnal Nominal, 7(1), 96–108.
https://ekonomi.bisnis.com/read/20200722/9/1269901/dampak-covid-19-ke-ukm-16-persenpelaku-usaha-pangkas-karyawan (diakses 31 Agustus 2020)
https://money.kompas.com/read/2020/08/05/120854826/pertumbuhan-ekonomi-ri-minus532-persen-pada-kuartal-ii-2020#:~:text=JAKARTA%2C%20KOMPAS.com%20-
%20Badan,kumulatif%20terkontraksi%201%2C26%20persen (diakses 31 Agustus
https://ekonomi.kompas.com/read/2018/07/10/200246326/umkm-mampu-dongkrakpertumbuhan-ekonomi. Diakses 01 Januari 2020
http://dinkop-umkm.jatengprov.go.id/resc/img/media/3520-
data_series_umkm_tw_i_2019_upload.xlsx . diakses 3 Desember 2019
Inkinen, H., Kianto, A. and Vanhala, M. (2015). Knowledge Management Practices and
Innovation Performance in Finland. Baltic Journal of Management, 10(4), 432-455.
DOI: 10.1108/BJM-10-2014-0178
Islami, A. C., Kunaifi, A., & Gunawan, J. (2017). Ragam Pengukuran Kinerja pada Usaha
Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Surabaya. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(2),
-171. https://doi.org/10.12962/j23373520.v6i2.23112
Maier, R. (2007). In Knowledge Management Systems: Information and Communication
Technologies for Knowledge Management. Spriger. https://doi.org/10.1007/978-3-540-
-8
OECD/Statistics Canada. (2004). Measuring Knowledge Management in the Business
Sector: First Steps, Knowledge management. OECD Publishing:
Paris. https://doi.org/10.1787/9789264100282-en
Monsow, E.Y., Runtuwene, M.R., & Rumawas, W. (2017). Pengaruh Knowledge
Management terhadap kinerja karyawan di Bank Mayapada KCU Mega Mas Manado.
Jurnal Administrasi Bisnis, 6(1), 1-10
Nonaka, I. (1994). A Dynamic Theory of Organizational Knowledge Creation. Organization
Science, 5(1), 14-37 https://doi.org/10.1287/orsc.5.1.14
Nonaka, I., & Takeuchi, H. (1995). The knowledge-creating company: How Japanese
companies create the dynamics of innovation. New York: Oxford University Press.
Saraswati, A., & Widiartanto, W. (2016). Pengaruh Implementasi Knowledge Management
Terhadap Kinerja Organisasi Melalui Inovasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus
Pada UMKM Industri Kreatif Digital di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi
Bisnis, 5(4), 359–373.
Gagné, M. (2009). A model of knowledge‐sharing motivation. Human Resource
Management., 48, 571-589. doi:10.1002/hrm.20298
Sudiarta, I. P. L. E., Kirya, I. K., dan Cipta, W. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten
Bangli. Jurnal Jurusan Manajemen, 2(1)
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah
Wachyu, W., & Winarto, A. (2020). Peran Fintech dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah
(UMKM). Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah (JESYA), 3(1), 61–73.
https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v3i1.132
Wahyudi, B. (2002), Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Sulita
DOI: https://doi.org/10.24176/bmaj.v3i2.5052
Article Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Business Management Analysis Journal (BMAJ)
View My Stats
Member of:
Indexed by:
Business Management Analysis Journal (BMAJ) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Dedicated to: