Pengaruh Knowledge Management terhadap Peningkatan Kinerja UMKM dengan Kompetensi sebagai Variabel Moderasi

Wahid Wachyu Adi Winarto

Abstract


This study aims to analyze the effect of knowledge management consisting of knowledge implementing, knowledge creating, and knowledge sharing on the improvement of the performance of Small Medium Enterprises (SMEs). In addition, it is also to determine whether competence can moderate the knowledge management variable on the performance of SMEs. This study used data from 57 SMEs in Kabupaten Pemalang as sample. Data were analyzed using multiple linear regression analysis, t test and F test and for the moderation test using the MRA (Moderated Regression Analysis). From the results of the analysis, it was obtained that partial knowledge implementation, knowledge creating, and knowledge sharing have significant positive effects on the performance of SMEs. Simultaneously, knowledge management has a positive effect on the performance of SMEs. The result of moderation test using MRA shows that competence cannot moderate the effect of knowledge implementing, knowledge creating dan knowledge sharing on the performance of SMEs.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh knowledge management yang terdiri dari knowledge implementing, knowledge creating, and knowledge sharing terhadap peningkatan kinerja UMKM. Selain itu juga untuk mengetahui apakah kompetensi dapat memoderasi variabel knowledge management terhadap kinerja UMKM. Sampel dalam penelitian ini adalah 57 UMKM di Kabupaten Pemalang. Data di analisis menggunakan analisis regresi linier berganda, t testF test dan untuk tes moderasi dgunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Dari hasil analisis diperoleh hasil secara parsial secara parsial knowledge implementing, knowledge creating, and knowledge sharing memiliki pengaruh positif signifikan terhadap peningkatan kinerja UMKM. Secara simultan, knowledge management juga memiliki pengaruh positif terhadap UMKM. Hasil test moderasi menggunakan MRA menunjukkan bahwa kompetensi tidak mampu memoderasi hubungan antara knowledge implementing, knowledge creating dan knowledge sharing terhadap kinerja UMKM.


Keywords


knowledge management;knowledge implementing;knowledge creation;knowledge sharing;performance;competency

References


Armstrong, M. (1994) Manajemen Sumber Daya Manusia: A Handbook Of. Human Resource

Management. PT Elex Mediakomputindo. Jakarta.

Bank Indonesia dan LPPI. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

(UMKM). In Bank Indonesia dan LPPI.

Humaira, I., & Sagoro, E. M. (2018). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, dan

Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada Pelaku UMKM Sentra

Kerajinan Batik Kabupaten Bantul. Jurnal Nominal, 7(1), 96–108.

https://ekonomi.bisnis.com/read/20200722/9/1269901/dampak-covid-19-ke-ukm-16-persenpelaku-usaha-pangkas-karyawan (diakses 31 Agustus 2020)

https://money.kompas.com/read/2020/08/05/120854826/pertumbuhan-ekonomi-ri-minus532-persen-pada-kuartal-ii-2020#:~:text=JAKARTA%2C%20KOMPAS.com%20-

%20Badan,kumulatif%20terkontraksi%201%2C26%20persen (diakses 31 Agustus

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/07/10/200246326/umkm-mampu-dongkrakpertumbuhan-ekonomi. Diakses 01 Januari 2020

http://dinkop-umkm.jatengprov.go.id/resc/img/media/3520-

data_series_umkm_tw_i_2019_upload.xlsx . diakses 3 Desember 2019

Inkinen, H., Kianto, A. and Vanhala, M. (2015). Knowledge Management Practices and

Innovation Performance in Finland. Baltic Journal of Management, 10(4), 432-455.

DOI: 10.1108/BJM-10-2014-0178

Islami, A. C., Kunaifi, A., & Gunawan, J. (2017). Ragam Pengukuran Kinerja pada Usaha

Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Surabaya. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(2),

-171. https://doi.org/10.12962/j23373520.v6i2.23112

Maier, R. (2007). In Knowledge Management Systems: Information and Communication

Technologies for Knowledge Management. Spriger. https://doi.org/10.1007/978-3-540-

-8

OECD/Statistics Canada. (2004). Measuring Knowledge Management in the Business

Sector: First Steps, Knowledge management. OECD Publishing:

Paris. https://doi.org/10.1787/9789264100282-en

Monsow, E.Y., Runtuwene, M.R., & Rumawas, W. (2017). Pengaruh Knowledge

Management terhadap kinerja karyawan di Bank Mayapada KCU Mega Mas Manado.

Jurnal Administrasi Bisnis, 6(1), 1-10

Nonaka, I. (1994). A Dynamic Theory of Organizational Knowledge Creation. Organization

Science, 5(1), 14-37 https://doi.org/10.1287/orsc.5.1.14

Nonaka, I., & Takeuchi, H. (1995). The knowledge-creating company: How Japanese

companies create the dynamics of innovation. New York: Oxford University Press.

Saraswati, A., & Widiartanto, W. (2016). Pengaruh Implementasi Knowledge Management

Terhadap Kinerja Organisasi Melalui Inovasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus

Pada UMKM Industri Kreatif Digital di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi

Bisnis, 5(4), 359–373.

Gagné, M. (2009). A model of knowledge‐sharing motivation. Human Resource

Management., 48, 571-589. doi:10.1002/hrm.20298

Sudiarta, I. P. L. E., Kirya, I. K., dan Cipta, W. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang

Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten

Bangli. Jurnal Jurusan Manajemen, 2(1)

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah

Wachyu, W., & Winarto, A. (2020). Peran Fintech dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah

(UMKM). Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah (JESYA), 3(1), 61–73.

https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v3i1.132

Wahyudi, B. (2002), Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Sulita




DOI: https://doi.org/10.24176/bmaj.v3i2.5052

Article Metrics

Abstract views : 308| PDF (Bahasa Indonesia) views : 514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Business Management Analysis Journal (BMAJ)



View My Stats

Member of: 

Indexed by:

     

  

Flag Counter

Business Management Analysis Journal (BMAJ) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Dedicated to: