Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Hedonic Shopping Value terhadap Impulse Buying pada Pelanggan Tiktok Shop (Studi Kasus pada Remaja Kudus)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh shopping lifestyle, fashion involvement dan hedonic shopping value terhadap impulse buying pada pelanggan Tiktok Shop (studi kasus pada remaja Kudus). Variabel yang digunakan terdiri dari variabel independen yang terdiri dari shopping lifestyle, fashion involvement dan hedonic shopping value serta variabel eksogen impulse buying. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja Kudus. Sampel yang digunakan sebanyak 168 responden yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil shopping lifestyle, fashion involvement dan hedonic shopping value berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying serta shopping lifestyle, fashion involvement dan hedonic shopping value berpengaruh secara simultan terhadap impulse buying.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, S. A., Wolok, T., & Abdussamaf, Z, K. (2022). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Promosi Produk Skin Care Terhadap Impulse Buying Melalui Media Tiktok Shop. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol. 5 (2). 784-793. Anggraini, N. A., & Anisa, F. (2020). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulsif Buying Pada Konsumen Shopee Fashion Magelang Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Mediasi. Business and Economics Conference in Utilization od Modern Technology Vol. 5 (2). 317-327. Ariani, I., Susandy, G., & Apriandi, D.W. (2019). The Effect Of Promotion And Hedonic Shopping Motivation On Costumer Impulse Buying On Zalora Online Shopping Sites. Journal of Accounting and Business Issues (JABI) Vol. 01 (01). 15-21. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Azwar, Saifudin. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Chauhan, S., Banerjee, R., & Dagar, Vishal. (2021). Analysis of Impulse Buying Behaviour of Consumer During COVID-19: An Empirical Study. Journal Milenial Asia Vol. 1 (3). 1-22. Colombage, V. K., & Rathnayake, D. T. (2020). Impact of Fashion Involvement and Hedonic Consumption on Impulse Buying Tendency of Sri Lankan Apparel Consumers: The Moderating Effect of Age and Gender. NSBM Journal of Management Vol. 6 (2). 23-54. Ghozali, Imam. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan ProgramSPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. . (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hadi, Sutrisno. (2015). Metodologi Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Khansa, T. C. (2022). Analysis of the Effect of Shopping Life Style and Fashion Involvement on Impulse Buying Behavior on. International Journal of Review Management, Business and Entrepreneurship Vol. 2 (1). 176-187. Kosyu, D. A. (2014). Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping lifestyle dan Impulse buying (Survei pada Pelanggan Outlet Stradivarius di Galaxy Mall Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 14 (2). Kotler, Phillip &Amstrong, Gary. (2014). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kesembilan. Jakarta: Erlangga. Kotler, Phillip & Keller, Kevin Lane.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks. Levy & Weitz. (2013), Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga. Mardhiyah, R. S., & Sulistyawati, L. (2021). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Intervening Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Analitika Bisnis, Ekonomi, Sosial dan Politik Vol. 1 (1). 9-21. Nurlinda, R. A., & Christina, D. (2020). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Behaviour (Survey Pada Konsumen PT. Matahari Departement Store Mega Mall Manado). Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol. 5 (1). 231-244. Oktapiani, S., & Aldiansyah, H. (2022). Pengaruh Shopping Life Style, Fashion Involvement, Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Pada Masyarakat Kecamatan Sumbawa Pengguna Aplikasi Shopee. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 6 (2). 614-624. Padmasari, Dwi., dan Widyastuti. (2022). Pengaruh Fashion Involvement, Shopping Lifestyle, Dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna E-Commerce. Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 10 (1). 123-135. Paramitha, N. P. I. N., Sulhaini., & Saudi, A. (2022). The Effect of Hedonic Shopping and Utilitarian Values on Impulse Buying Moderated by Gender on the Marketplace. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding Vol. 2 (9). 54-67. Peter, Paul J. dan Jerry C. Olson. (2013). Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Dialihbahasakan oleh Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga. Prastia, F.E. (2013). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Hedonic Shopping Value terhadap Impulse Buying Behaviour Pelanggan Toko Elizabeth Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Vol.2, No.4. Putra, M. R. M., Albant, M. A., Sari, L. N., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Promosi, Fashion Involvement, Dan Shopping Life Style, Dan Impulse Buying Di E-Commerce Shopee. Jurnal Ekonomi Pembangunan dan Ekonomi Syariah Vol. 03 (02). 21-29. Ratu, B. R.., Soegoto, A. S., & Samadi, R. T. (2021). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Behaviour (Survey Pada Konsumen Pt.Matahari Departement Store Mega Mall Manado). Jurnal EMBA Vol. 9 (4). 1282-1292. Safri, D. N., & Sudarwanto, T. (2022). Pengaruh Compatibility Lifestyle Milenial Dan Peran Endorser Influencer Terhadap Minat Beli Pada Pengguna “Tiktok” Shop. Jurnal Riset Entreprenership Vol. 5 (2). 10-17. Sari, D. M. F. P., & Pidada, I. A. I. (2019). Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle, Price Reduction toward Impulse Buying Behavior in Shopping Center. International Journal of Business, Economics & Management Vol. 3 (1). 48-54. Setiadi, Nugroho. (2015). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media. Solomon, Michael. R. (2015). Consumer Behavior: Buying, Having and Being, 11th Edition. New Jersey: Prentice-Hall. Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah. Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Sumarwan, U. (2017). Perilaku Konsumen : Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Edisi ke-2. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia. Universitas Muria Kudus. (2021). Pedoman Penyusunan Skripsi. UMK: Kudus. Utami, C. W. (2014). Strategi Dan Implementasi Oprasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat. Wahyuni, R. S., & Setyawati, H. A. (2020). Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 2 (2). 144-154. Yulinda, A.T., Rahmawati, R., dan Sahputra, H. (2022). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Mantan Karyawan Kota Bengkulu). Jurnal Ekombis Review Vol. 1 (2). 1315-1326. Zayusman, F., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying pada Pelaggan Tokopedia di Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha Vol. 1 (1). 360-368. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/06/survei-jakpat-shopee-rajai-penggunaan-live-shopping-di-indonesia diakses pada 7 Februari 2023. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230110144711-37-404342/tiktok-buat-shopee-tokopedia-ketar-ketir-cek-data-terbarunya diakses pada 7 Februari 2023. https://kumparan.com/kumparantech/survei-45-masyarakat-indonesia-doyan-belanja-di-tiktok-shop-1yuKNSdzT2z/2 diakses pada 7 Februari 2023.
Adhiatma, A., Fachrunnisa, O., & Rahayu, T. (2023). Creating digital ecosystem for small and medium enterprises: the role of dynamic capability, agile leadership and change readiness. Journal of Science and Technology Policy Management, 14(5), 941-959.
Sarwono, A. E., Trisiana, A., Harimurti, F., Lusianti, D., Indaryani, M., & Zahro, N. I. (2022). Determinants Of Business Continuity Of Batik Smes In The Covid-19 Pandemic Conditions Through Marketing Performance As An Intervening: Case In Java Indonesia. Journal of Positive School Psychology, 6(8), 5432-5450.
Purwaningrum, J. P., Purbasari, I., Rini, G. P., & Fajrie, N. (2021, March). Double Speed Electric Rotary Machine As Technology In Making Remitan Crafts. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1823, No. 1, p. 012068). IOP Publishing.
Mukhlisin, A., Ghozali, I., & Djastuti, I. (2022). Islamic Leadership and Performance: Mediating Role of Affective Commitment at Islamic Boarding Schools in Central Java Indonesia. The International Journal of Educational Organization and Leadership, 29(2), 1.
Sarwono, A. E., Trisiana, A., Harimurti, F., Lusianti, D., Indaryani, M., & Zahro, N. I. (2022). Determinants Of Business Continuity Of Batik Smes In The Covid-19 Pandemic Conditions Through Marketing Performance As An Intervening: Case In Java Indonesia. Journal of Positive School Psychology, 6(8), 5432-5450.
Yasin, R. M., & Norjanah, S. (2021). The influenced factors of the switching customer to halal cosmetic products. Indonesian Journal of Halal Research, 3(1), 27-33.
Yasin, R. M. (2021). Cash Waqf Linked Sukuk: Issues, Challenges, and Future Direction in Indonesia. JEBIS: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 7(1).
DOI: https://doi.org/10.24176/jsmb.v4i2.12807
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Visitor Jurnal Studi Manajemen Bisnis
Jurnal Studi Manajemen Bisnis published by Management Department, Faculty of Economics and Business, Universitas Muria Kudus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.