Analisis Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rsi Sunan Kudus

Girman Girman
Mochamad Edris
Sutono Sutono

Abstract


ABSTRACT 

This study analyzes Service Quality and Brand Image on Loyalty through Inpatient Satisfaction at RSI Sunan Kudus. The sample of this study were 160 patients of RSI Sunan Kudus. Collecting data using a questionnaire. Types and sources of data using secondary and primary data. The conclusion states that (1) there is a positive and significant effect between service quality and patient loyalty at RSI Sunan Kudus, this indicates that good service quality increases Patient Loyalty (2) There is a positive and significant influence between brand image and patient loyalty at RSI Sunan Kudus, this shows that with a good brand image, it increases Patient Loyalty; (3) There is a positive and significant influence between service quality and patient satisfaction at RSI Sunan Kudus, this indicates that with good service quality, patient loyalty increases; (4) There is a positive and significant effect between Brand Image and Patient Satisfaction at RSI Sunan Kudus, this indicates that with good service quality, it increases Patient Loyalty (5) There is a positive and significant influence between Patient Satisfaction and Patient Loyalty at RSI Sunan Kudus, p. This shows that with good service quality, it increases Patient Loyalty; (6) Satisfaction is able to provide an increasing role in service quality towards patient loyalty at RSI Sunan Kudus. (7) Satisfaction is able to provide an increasing role in brand image towards patient loyalty at RSI Sunan Kudus.

ABSTRAK

Penelitian ini menganalisis Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Pasien Rawat Inap pada RSI Sunan Kudus. Sampel penelitian ini sebanyak 160 Pasien RSI Sunan Kudus. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jenis dan sumber data mengggunakan data sekunder dan primer. Hasil kesimpulan menyatakan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kualitas pelayanan teirhadap Loyalitas Pasien RSI Sunan Kudus, hal ini menunjukkan bahwa dengan kualitas pelayanan yang baik semakin meningkatkan Loyalitas Pasien (2) Terdapat pengaruih positif dan signifikan antara Citra Merek teirhadap Loyalitas Pasien RSI Sunan Kudus, hal ini meinuinjuikkan bahwa dengan citra merek yang baik semakin meningkatkan Loyalitas Pasien; (3) Terdapat pengaruih positif dan signifikan antara Kualitas pelayanan teirhadap Kepuasan Pasien RSI Sunan Kudus, hal ini meinuinjuikkan bahwa deingan kualitas pelayanan yang baik semakin meningkatkan Loyalitas Pasien; (4) Terdapat peingaruh positif dan signifikan antara Citra Merek teirhadap Kepuasan Pasien RSI Sunan Kudus, hal ini meinuinjuikkan bahwa deingan kuialitas pelayanan yang baik seimakin meiningkatkan Loyalitas Pasien (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kepuasan Pasien teirhadap Loyalitas Pasien RSI Sunan Kudus, hal ini menunjukkan bahwa dengan kuialitas pelayanan yang baik semakin meningkatkan Loyalitas Pasien; (6) Kepuasan mampu memberikan peran peningkatan pada kualitas pelayanan terhadap loyalitas Pasien RSI Sunan Kudus. (7) Kepuasan mampu memberikan peran peningkatan pada citra merek terhadap loyalitas Pasien RSI Sunan Kudus.

Keywords


kualitas pelayanan;citra merek;kepuasan pasien;loyalitas konsumen

Full Text:

PDF

References


Abdurrouf, N & P. 2013. Model Caring Islami Terhadap Peningkatan Kepuasan Pasien. Jurnal Ners, 8(1):153-164.

Ayuningtyas & Fazriah. 2008 Analisis Potensi Pasar dan Atribut Pelayanan RSI Depok Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional Universitas Indonesia, 3(1):16-22.

Azam. 2017 Fkih Muamalah Kontemporer, Depok Raja Grafindo Persada.

Hadiyati, 2010, Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Widyana Malang. Jurnal KOMPAK No 8

Hurriyati, 2015, Bauran pemasaran dan Loyalitas Pasien, Alfabeta, Bandung.

Departemen Agama RI. 2009.Al Quran dan Terjemahan, Jakarta: PT.Bumi Restu.

I Gede Yogi Pramana1 Ni Made Rastini, 2016, Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Citra Merek Pasien dan Loyalitas Pasien Cabang Veteran Denpasar Bali.

Ishak, 2015, Pengaruh Kepuasan dan Citra Merek Pasien Terhadap Loyalitas: Study Tentang Peran Mediasi Switching Cost. Jurnal Siasat Bisnis No. 1 Vol 15. Hal. 55-66

Kotler & Killer, 2018, Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga

Kotler, 2017, Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa. Indonesia.Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga.

Kotler, 2017, Marketing Management Edisi 14, Global Edition.Pearson. Prentice Hall.

Lupiyoadi, 2011, Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Penerbit. Salemba Empat,Jakarta.

Morgan dan Hunt, 2014, The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing", Journal of Marketing, Vol. 58, July, pp. 20- 38

Morgan dan Hunt, 2014, Studi Kelayakan Bisnis & Investasi. Gramedia Pustaka. Utama.

Parasuraman et al., 2015, The Behaviorial Consequenses of Service Quality. New. Jersey : Prentince Hall.

Parasuraman, 2018, The Behaviorial Consequenses of Service Quality, Jurnal of. Marketing. Vol 60

Qoradawi. 2015 Ikhlas dan Tawakkal, Jakarta Istanbul.

Rahim Mosahab, 2014, Service Quality, Customer Satisfaction and Loyalty: A Test of Mediation . International Business Research Vol. 3, No. 4;

Rangkuti, 2012, Studi Kelayakan Bisnis dan Investasi, Gramedia Pustaka. Utama, Jakarta.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Syafrudin 2013, Relationship Marketing : Inovasi Pemasaran Yang Membuat. Pasien Bertekuk Lutut. PT Gramedia Pustaka, Jakarta.

Thalia Claudia Mawey Altje L. Tumbel Imelda W. J. Ogi, 2018, Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien

Tjiptono, 2012, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Widarti. 2010. Implementasi Nilai Islam Dalam Pelayanan Kesehatan. Seminar Nasional FKIK UIN.

Zheithaml and Bitner, 2010, Service Marketing Integrating Customer Focus Across the Firm, 3rd edition

Ziqmund, 2013, Customer Relationship Management: Integrating Marketing Strategy and Information Technology. New Jersey: John Wiley and Sons.

Zulfa, 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami dan citra Terhadap kepuasan dan Loyalitas Pasien Rumah Sakit Islam Jawa Tengah. Universitas Airlangga.




DOI: https://doi.org/10.24176/jsmb.v2i1.8147

Article Metrics

Abstract views : 275| PDF views : 185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.