Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Dan Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Bisnis Melalui Keunggulan Kompetitif Pada Pedagang Pakaian Di Pasar Kliwon Kabupaten Kudus

Rizza Umami Dewi

Abstract


ABSTRACT

This research was conducted to analyze the effect of entrepreneurial orientation, innovation, and the use of information technology on business performance through competitive advantage in clothing traders at Kliwon Market, Kudus Regency. Entrepreneurial orientation, innovation and use of information technology act as exogenous variables, while competitive advantage as an intervening variable and business performance as endogenous variables. The total population of this study was 1550 seller with a sample of 318 respondents with purposive sampling technique. Data analysis uses SEM technique with the help of AMOS 24 software. The results of this study indicate that orientation has a positive and significant effect on competitive advantage but has a negative effect on business performance. Innovation and use of information technology is proven to have a positive and significant impact on competitive advantage and business performance. Competitive advantage can be an intervening variable between the influence of entrepreneurial orientation on business performance, innovation on business performance and the use of information technology on business performance.

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi, dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kinerja usaha melalui keunggulan bersaing pada pedagang pakaian di Pasar Kliwon Kabupaten Kudus. Orientasi kewirausahaan, inovasi dan pemanfaatan teknologi informasi sebagai variabel eksogen, sedangkan keunggulan bersaing sebagai variabel intervening dan kinerja bisnis sebagai variabel endogen. Jumlah populasi penelitian ini adalah 1550 pedagang pakaian dengan sampel sebanyak 318 responden dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik SEM dengan bantuan software AMOS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing tetapi berpengaruh negatif terhadap kinerja bisnis. Inovasi dan pemanfaatan teknologi informasi terbukti berdampak positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja bisnis. Keunggulan bersaing dapat menjadi variabel intervening antara pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha, inovasi terhadap kinerja usaha dan penggunaan teknologi informasi terhadap kinerja usaha.


Keywords


kewirausahaan;inovasi;teknologi informasi;kinerja bisnis;keunggulan bersaing

Full Text:

PDF

References


Abdillah, L.A. dkk. 2020. Aplikasi Teknologi informasi: Konsep dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis, Medan.

Anis, B. J., Christiananta, B., and Ellitan, L., 2018. The Effect of Entrepreneurship Orientation, Information Technology, Strategic Planning to Competitive Advantages with Business Performance As Intervening Variables: Empirical Study Food Processing SMEs In North Sulawesi, International Journal of Advanced Research (IJAR), Vol. 6, No : 236-242.

Aprizal. 2018. Orientasi Pasar dan Keunggulan Bersaing: Studi Kasus Penjualan Komputer. Celebes Media Perkasa, Makassar.

Darmanto dan Kuntono. 2016. Pembesaran Ikan Lele dan Sapta Usaha: Penjualan dengan Bauran Orientasi Strategi untuk Usaha Mikro Kecil Menengah. Penerbit Deepublish, Yogyakarta.

Darmanto, Sri Wardaya dan Titik Dwiyani. 2015. Bauran Orientasi Strategi dan Kinerja Organisasi Penerapan Variabel Antesenden, Moderasi dan Mediasi dalam Penelitian Ilmiah. Penerbit Deepublish, Yogyakarta.

Fahmi, A.K.A.F., dan Mudiantono, M., 2019. Analisis Pengaruh Jaringan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta Inovasi terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Usaha (Studi Pada UMKM Di Purwokerto), Diponegoro Journal of Management, Vol.8, No. 4:74-84.

Feranita, N. V., & Setiawan, H. A. (2019). Peran Keunggulan Bersaing Dalam Memediasi Dampak Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM. Majalah Ilmiah Dian Ilmu, Vol.18, No. 1:54-70.

Indriani, E. dkk. 2020. Model Strategi Penguatan Daya Saing Industri Kreatif Pariwisata Bernilai Kearifan Lokal. Pendidikan Deepublish, Surakarta.

Jayaningrum, E., dan Sanawiri, B., 2018. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran: Studi pada Kuliner Cafe kota Malang, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 54, No. 1:149-158.

Kresdiana, H. 2013. Transfer Pengetahuan, Kemampuan Berinovasi dan Kinerja Organisasi (Suatu Kajian Empiris). Universitas Brawijaya Press, Malang.

Kuncoro, M. 2020. Strategi Meraih Keunggulan Kompetitif di Era Industri 4.0. Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Laily, N., 2018. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Bisnis melalui Mediasi Orientasi Pasar, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol.7, No.3: 1-23.

Lestari, E.R. 2019. Manajemen Inovasi: Upaya Meraih Keunggulan Kompetitif. Universitas Brawijaya Press, Malang.

Lestari, I., Astuti, M., dan Ridwan, H., 2019. Pengaruh Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Kuliner, Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Fakultas Ekonomi UNIAT, Vol.4, No.1: 111-118.

Putri, H., Sari, R. N., dan Ratnawati, V., 2019. Pengaruh Entrepreneurial Orientation dan Market Orientation terhadap Kinerja UKM Industri Pengolahan Kelapa Sawit Di Provinsi Riau melalui Inovasi Sebagai Variabel Mediasi, Jurnal Akuntansi (Media Riset Akuntansi & Keuangan), Vol.7, No. 2:161-171.

Ratih, P.A.R. 2021. Kumpulan Paper Konseptual Strategi Bisnis dan Kinerja Perusahaan pada Masa Pandemi Covid-19. Media SAINS Indonesia, Bandung.

Sidiq, A., dan Astutik, E.P., 2017. Analisis Kapabilitas Teknologi Informasi terhadap Kinerja Bisnis UKM dengan Orientasi Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada UKM Sektor Manufaktur di Wilayah Solo Raya). Media Ekonomi dan Manajemen, Vol.32, No. 1:9-27.

Udriyah, U., Tham, J., and Azam, S., 2019. The Effects of Market Orientation and Innovation on Competitive Advantage and Business Performance of Textile Smes, Management Science Letters, Vol.9, No: 1419-1428.

Utami, A. K., and Wilopo, S., 2018. Effect of Entrepreneurial Orientation toward Competitive Advantage and Business Performance. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, Vol.79, No: 140-149.

Antara News. 2020. Pedagang Pasar Kliwon Kudus Mengeluhkan Sepi Pembeli. Diakses pada 27 Maret 2020 dari https://www.antaranews.com/berita/1385358/pedagang-pasar-kliwon-kudus-mengeluhkan-sepi-pembeli.

Detik News. 2021. Curahan Hati Pedagang Pasar Kliwon Kudus Omzetnya Anjlok 90%. Diakses pada 14 Juli 2021 dari https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-5643196/curahan-hati-pedagang-pasar-kliwon-kudus-omzetnya-anjlok-90.

Pemerintah Kabupaten Kudus. 2017. Pasar Di Kabupaten Kudus. Diakses pada 1 Juli 2020 dari http://www.kuduskab.go.id/p/117/pasar_di_kabupaten_kudus.

Santoso, S. 2018. Konsep Dasar dan Aplikasi SEM dengan Amos 24. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24176/jsmb.v2i2.8420

Article Metrics

Abstract views : 897| PDF views : 537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.