ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN, CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BPR BKK PATI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, customer relationship marketing, dan citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening pada BPR BKK Pati. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BPR BKK Pati sebanyak 150 responden nasabah dijadikan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Data hasil penyebaran kuisioner yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan tehnik analisis data SEM melalui program AMOS.
Hasil analisis menunjukan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, customer relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, citra perusahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah, kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, customer relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, dan Kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhiatma, A., Fachrunnisa, O., & Rahayu, T. (2023). Creating digital ecosystem for small and medium enterprises: the role of dynamic capability, agile leadership and change readiness. Journal of Science and Technology Policy Management, 14(5), 941-959.
Sarwono, A. E., Trisiana, A., Harimurti, F., Lusianti, D., Indaryani, M., & Zahro, N. I. (2022). Determinants Of Business Continuity Of Batik Smes In The Covid-19 Pandemic Conditions Through Marketing Performance As An Intervening: Case In Java Indonesia. Journal of Positive School Psychology, 6(8), 5432-5450.
Purwaningrum, J. P., Purbasari, I., Rini, G. P., & Fajrie, N. (2021, March). Double Speed Electric Rotary Machine As Technology In Making Remitan Crafts. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1823, No. 1, p. 012068). IOP Publishing.
Mukhlisin, A., Ghozali, I., & Djastuti, I. (2022). Islamic Leadership and Performance: Mediating Role of Affective Commitment at Islamic Boarding Schools in Central Java Indonesia. The International Journal of Educational Organization and Leadership, 29(2), 1.
Sarwono, A. E., Trisiana, A., Harimurti, F., Lusianti, D., Indaryani, M., & Zahro, N. I. (2022). Determinants Of Business Continuity Of Batik Smes In The Covid-19 Pandemic Conditions Through Marketing Performance As An Intervening: Case In Java Indonesia. Journal of Positive School Psychology, 6(8), 5432-5450.
Yasin, R. M., & Norjanah, S. (2021). The influenced factors of the switching customer to halal cosmetic products. Indonesian Journal of Halal Research, 3(1), 27-33.
Yasin, R. M. (2021). Cash Waqf Linked Sukuk: Issues, Challenges, and Future Direction in Indonesia. JEBIS: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 7(1).
DOI: https://doi.org/10.24176/jsmb.v3i1.9412
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Visitor Jurnal Studi Manajemen Bisnis
Jurnal Studi Manajemen Bisnis published by Management Department, Faculty of Economics and Business, Universitas Muria Kudus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.