PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, FASHION INVOLVEMENT, POSITIVE EMOTION, PROMOSI DAN DISKON TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PENGGUNA SHOPEE (STUDI KASUS MAHASISWA MANAJEMEN UMK ANGKATAN 2019)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh shopping lifestyle, fashion involvement, positive emotion, promosi dan diskon terhadap impulse buying. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data digunakan dengan membagikan kuesioner 120 responden pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2019. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling nonprobability sampling dengan jenis Sampling Purposive. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial shopping lifestyle, positive emotion, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, tetapi fashion involvement dan diskon berpengaruh positif tidak signifikan terhadap impulse buying. Sedangkan secara simultan shopping lifestyle, fashion involvement,positive emotion,promosi dan diskon berpengaruh terhadap impulse buying.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ayuning, S. S., Nurprapti, N., & Witantra, A. P. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Produk Pada Aplikasi Shopee Indonesia (Survei Pada Mahasiswa Aktif Universitas Sultan Ageng Tirtayasa) (Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).
Darma, L. A., & Japarianto, E. (2014). Analisa Pengaruh Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Dengan Shopping Lifestyle dan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Mall Ciputra World Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 80-89
Kotler Philip, dan Kevin Lane Keller, (2016) . Marketing Management, Global Edition, 15 Edition. Essex, England: Pearson Education.
Kusumasari, I. (2022). Pengaruh Flash Sale, Diskon, Dan Subsidi Gratis Ongkir Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna Marketplace Shopee. Jurnal Bisnis Indonesia, 13(2)
Komunikasi Pemasaran. N.p.: Yayasan Kita Menulis, 2021.
Maharanie, R. P., Suharyono, S., & Yulianto, E. (2020). Pengaruh Lingkungan Toko Terhadap Impulse Buying Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Intervening. Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 14(1), 12-21.
Promosi Penjualan Untuk Membangun Electronic Word Of Mouth Dan Mendorong Pengambilan Keputusan Pembelian. N.p.: Penerbit Lakeisha, 2022.
Sugiyono.(2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung;Alfabeta
Tjiptono. Fandy & Diana. Anastasia. 2019. Kepuasaan Pelanggan-Konsep, Pengukuran, dan Strategi.Yogyakarta : ANDI. ISBN 978 –623 – 01–0194 –6
Tirtaning, K. S., & Setiaji, K. (2021). Effect of Intensity of Accessing Internet, Sales Promotion, and Positive Emotions on Impulsive Buying. Economic Education Analysis Journal, 10(2), 285–297.
Utami, C. W. (2017). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia (Edisi 3). Salemba Empat
DOI: https://doi.org/10.24176/jsmb.v5i1.14492
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Visitor Jurnal Studi Manajemen Bisnis
Jurnal Studi Manajemen Bisnis published by Management Department, Faculty of Economics and Business, Universitas Muria Kudus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.