Pengaruh Emotional Quotient Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara

Abdul Choliq, Mamik Indaryani, Kertati Sumekar

Abstract


ABSTRACT 

This research based on the problems faced by the Office of the Ministry of Religion of Jepara Regency, including a decrease in the results of the Performance Assessment in 2019 compared to the results of the Performance Assessment in 2014. From the results of the assessment, it is believed that there are still many factors that need to be improved, including human resources that must be improved to optimize the performance. There are some employees that do not support each other between their education with the training they have attended. The employee’s distribution is not suitable to the existing crew and the crew itselves. This study aims to analyze the effect of emotional quotient and employee competence to their performance with motivation as an intervening variable.

The population of this study were 200 employees of the Ministry of Religion of Jepara Regency. The sample in this study was 115 respondents. Instrument data collection used questionaire which is multiple linear regression analysis and uses Partial Least Square (PLS). PLS is a Structural Equation Modeling (SEM) equation model with an approach based on variance or component-based structural equation modeling.

This study proves that emotional quotient, competence and motivation have impacted to the employees of the Ministry of Religion of Jepara Regency. The results of this study also prove that motivation also has an important role in increasing value or strengthening the effect of emotional quotient and competence on employee performance.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang di hadapi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara diantaranya adanya penurunan hasil Audit Kinerja tahun 2019 dibandingkan dengan hasil audit kinerja Tahun 2014. Dari hasil penilaian audit kinerja tersebut diyakini bahwa masih banyak faktor yang perlu ditingkatkan diantaranya tentang sumber daya manusia yang harus ditingkatkan demi kinerja yang maksimal. Masih ada pegawai dengan kompetensi yang tidak saling mendukung antara pendidikan yang dimiliki maupun pelatihan yang pernah diikuti. Distribusi pegawai belum dilakukan secara proporsional sesuai anjab dan ABK yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 

pengaruh emotional quetent dan kompetensi terhadap kinerja pegawai dengan motivasi sebagai variabel intervening.

Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara sebanyak 200 pegawai. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 115 responden. Instrumen pengumpulan data kuisioner. yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan menggunakan Partial Least Square (PLS). PLS merupakan model persamaan Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan berdasarkan variance atau component- based structural equation modeling.

Penelitian ini membuktikan bahwa emotional quotient, kompetensi dan motivasi memiliki pengaruh terhadap Pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara. Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa motivasi juga memiliki peran yang penting memberikan nilai tambah atau memperkuat pengaruh emotional quotient dan kompetensi terhadap kinerja pegawai.

Keywords


mMotivasi;pengembangan karir;disiplin kerja;kepuaasan kerja;dan kinerja pegawai

Full Text:

PDF

References


Abraham Maslow. 1994. Motivasi dan Kepribadian (Teori Motivasi dengan Pendekatan hierarki Kebutuhan Manusia). Jakarta: PT PBP. Alex.S. Nitisemito, 2015, Manajemen Suatu Dasar dan pengantar, Arena Ilmu, Jakarta Andi, Hadi Sunaryo, and M. Khoirul ABS, 2019, Pengaruh Kecerdasan Emosional, Komitmen Organisasional, Dan Organizational Citizenship Behavior Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Muamalat Cabang Malang, e – Jurnal Riset Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma, Vol. N0. 08 Hal. 7 Badan Penerbit UMK Kudus. 2012. Pedoman Penyusunan Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Muria Kudus, Kudus. Bandari, Ani Supra, 2016, Peranan Pelatihan dan Kinerja Karyawan pada unit Perencanaan PDAM Tirta Musi Rambutan, Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 10-21. Retrieved from Eprints Respository Software Universitas Sriwijaya Database Coleman, Daniel. 1999. Emotional Intelligence. Alih Bahasa: T Hermaya Jakarta Gramedia. Dr.B.Radha, A.Bhavani Shree, 2017, Impact of Emotional Intelligence on Performance of Employees and Organizational Commitment in Software Industry, © International Academic Research Journal of Business and Management, Vol. No.6, Page no.17-28 Edy Sutrisno, 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetak Ke Enam. Pranada Media Group, Jakarta. Ghozali, Imam, 2011, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang Hartono, Jogiyanto. (2010). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman. Edisi Pertama. BPFE. Yogyakarta. Kasmir, 2016, Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik), PT Rajagrafindo Persada, Depok Ma’ruf Ummul Chair, 2020, Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Nirha Jaya Tehnik Makassar, Jurnal Brand, Volume 2 No. 1 Mangkunegara, 2009, Manajemen sumber daya manusia, Remaja Rosdakarya, Bandung Mangkunegara, 2011, Manajemen Sumber Daya Perusahaan, PT . Remaja Rosdakarya, Bandung. Moeheriono, 2014, Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi Edisi Revisi, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta P. Ayu Asri Wulandari1, I W. Bagia, 2020, Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pada Pegawai Puskesmas, Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 2 No. 2 Parulian Hutapea dan Nurianna Thoha, 2008, Kompetensi Plus: Teori, Desain, Kasus dan Penerapan untuk HR dan Organisasi yang Dinamis, Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Rimsky, K. Jusisseno (2008), Jadilah Pribadi yang kompeten di tempat kerja, Jakarta. PT Gramedia Utama Riska Nur Laelah, 2021, Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Pada Remaja, Jurnal Unisma, Vol. No. 17, Halaman 37 - 54. Sanda Paluta dan Drs. Widjojo Suprapto, M.Sc, 2018, Pengaruh Kompetensi Dan Employee Engagement Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt. Cahaya Citra Alumindo, Jurnal Aghora, Vol. 6, No. 1 Sudarmanto. 2009, Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM, Pustaka Pelajar, Yogyakarta Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Alfabeta. Bandung Sutrisno, Edy, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Kencana Prenada Media Group Sutrisno, Edy, 2017, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedelapan, Prenada Media Group, Jakarta Indonesia, 2014, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara Wibowo,2010, Manajemen Kinerja, PT Rajawali Pers, Jakarta Yanrizal, 2020, Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan), Jurnal Riset Manajemen & Bisnis (JRMB), Vol.5 No.1.

Purwaningrum, J. P., Purbasari, I., Rini, G. P., & Fajrie, N. (2021, March). Double Speed Electric Rotary Machine As Technology In Making Remitan Crafts. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1823, No. 1, p. 012068). IOP Publishing.

Setyaningsih, N. Y. D., Annudin, K., & Solekhan, S. (2021). The Influence of Ruggedness Reviews 3-Dimensional Photo Carving Media Based on 3-Axis CNC Router. Journal of Robotics and Control (JRC), 2(3), 212-216.

Dahlan, M., & Dwi, S. N. Y. (2020). Modelling of Number to Javanese Voice Recursion using Sliding through Audio window Location. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1430, No. 1, p. 012039). IOP Publishing.

Darmanto, E., Siregar, M. T., Hayadi, B. H., Renwarin, J. M., Asfar, D. A., Sulissusiawan, A., ... & Fatmawati, I. (2021, March). Decision Support System for Staff Assignment Using VIKOR Algorithm. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1845, No. 1, p. 012029). IOP Publishing.

Arifin, M., & Darmanto, E. (2020). News Network Information System On Jepara Hari Ini (Jhi) News Portal Based On Contributor Freelance. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1430, No. 1, p. 012045). IOP Publishing.

Rini, G. P., & Ferdinand, A. T. (2021). Customer Centric in Hospitality Industry: A Systematic Literature Review and Future Research Direction. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), 12(1), 88-101.

Rini, G. P., & Khasanah, I. (2021). Intention to use online meeting applications during Covid-19 pandemic: A Technology Acceptance Model perspective. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 14(1), 77-94.

Yasin, R. M., & Norjanah, S. (2021). The influenced factors of the switching customer to halal cosmetic products. Indonesian Journal of Halal Research, 3(1), 27-33.

Yasin, R. M. (2021). Cash Waqf Linked Sukuk: Issues, Challenges, and Future Direction in Indonesia. JEBIS: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 7(1).

Arifin, M., Bhawika, G. W., Habibi, M. M., Firdaus, W., Agustinova, D. E., & Rahim, R. (2021). Application of the Cluster Classification Data Mining Method to Child Illiteracy in Indonesia. Library Philosophy.

Santoso, J. T., Ginantra, N. L. W. S. R., Arifin, M., Riinawati, R., Sudrajat, D., & Rahim, R. (2021). Comparison of classification data mining C4. 5 and Naïve Bayes algorithms of EDM dataset. TEM Journal, 10(4), 1738-1744.




DOI: https://doi.org/10.24176/jsmb.v2i1.8149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visitor Jurnal Studi Manajemen Bisnis

Jurnal Studi Manajemen Bisnis published by Management Department, Faculty of Economics and Business, Universitas Muria Kudus

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Flag Counter