THE USE OF STORY PATTERNED PARTNER IN TEACHING READING COMPREHENSION OF NARRATIVE TEXT

Zulfa Nur Isnaini
Mega Mulianing Maharani
Choiril Anwar
Hartono Hartono

Abstract


Pernyataan umum tentang pentingnya topik, ketegangan dalam literatur atau ketidaksesuaian antara teori dan praktik, tujuan studi, metode, temuan utama, dan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana story patterned partner digunakan dalam pengajaran membaca pemahaman teks naratif. Beberapa peneliti percaya bahwa partner berpola cerita dapat mengakomodasi siswa dalam pembelajaran teks naratif. Penelitian ini mencoba membuktikannya dengan cara yang berbeda. Melalui langkah membaca bermitra berpola yang dipilih oleh guru, penelitian ini menambahkan fenomena baru tentang penggunaan strategi tersebut. Penelitian ini berfokus pada langkah read-pause-retel sebagai langkah yang dipilih oleh guru dalam mengajar membaca teks naratif.Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif, dua siklus dilaksanakan untuk melakukan penelitian. Ada 20 perempuan dan 7 laki-laki-siswa sebagai peserta penelitian. Observasi dan tes merupakan sumber data. Sedangkan kegiatan mengajar mendalam dengan video untuk membantu peneliti dalam satu lembar observasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan partner berpola cerita dalam pengajaran membaca pemahaman teks naratif dapat membantu siswa mencapai standar nilai minimum yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Oleh karena itu, penggunaan partner berpola cerita dalam pengajaran membaca teks naratif membantu siswa. untuk memenuhi standar nilai minimum. 

Keywords


story patterned partner, reading comprehension, narrative text

Full Text:

PDF PDF

References


Ardiana. (2015). Improving the students reading comprehension in narrative text through patterned partner reading. Exposure Jurnal, 4(2), 140–155. https://doi.org/10.26618/ejpbi.v4i2.923 Ardiya. (2019). An Overview of Reading a narrative text and the application of reciprocal teaching strategy. Journal of Education Informatic Technology and Science, 1(1), 102–113. Ayu, D., Tasnim, Z., & Wahjuningsih, E. (2022). Enhancing students ’ reading comprehension achievement by using patterned partner reading strategy. EFL Educational Journal, 9(2), 78–87. https://doi.org/10.19184/eej.v9i2.32725 Dougherty, S. M. (2011). Teaching reading to English language learners: insights from linguistics. In Journal of Early Childhood Literacy (Vol. 11, Issue 4, pp. 504–508). https://doi.org/10.1177/1468798411415378 Fitriani, L., Marbun, R., & Novita, D. (2015). Teaching students’ reading comprehension of narrative text through story map technique. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 1–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i3.9231 Kong, J. (2019). Investigating the Role of Test Methods in Testing Reading Comprehension (Issue 2000). https://doi.org/10.1007/978-981-13-7021-2 Latief, H., Khaerunnisa, & Hamid, R. (2017). Interactive strategy trainer for active reading and thinking (istart) for the students’ reading comprehension. Exposure Journal, 6(2), 184–205. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/exposure.v6i1.1072 Marwan, K. F. (2014). Improving the students’ English reading comprehension through authentic materials in smk n 1 godean grade xi in the academic year of 2013/2014. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(2), 1–46. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127 Prasetyo, D. D., Syam, U. K., Saiful, & Sangkala, I. (2018). The influence of top-down strategy (tds) on students’ reading comprehension. Exposure : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Inggris, 7(1), 34. https://doi.org/10.26618/exposure.v7i1.1346 Rezky Amelia, D., Tenri Ampa, A., & Ilmiah. (2018). An error analysis in the use of punctuation in narrative text at second grade of sma negeri 1 makassar. Exposure Journal, 7(1), 154–162. https://doi.org/10.26618/exposure.v7i1.1347 Sumarsono, D., Hanan, A., Bagis, A. K., & P.P, A. (2020). Partner reading; pumping up the students’ reading comprehension. Journal of Languages and Language Teaching, 8(3), 297–306. https://doi.org/10.33394/jollt.v8i3.2596 Syabri, M., Latif, A., & Amaluddin. (2021). Improving students ’ reading comprehension through top-down strategy. Exposure Journal, 10(2), 226–233. Yanti, F. A., Kuswanto, H., Habibi, & Kinasih, A. (2020). Development of analogy-based material physics module to provide analogy ability of physics teachers candidates. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 16(1), 34–40. https://doi.org/10.15294/jpfi.v16i1.9122 Zupan, B., & Babbage, D. R. (2016). Film clips and narrative text as subjective emotion elicitation techniques. Journal of Social Psychology, 157(2), 194–210. https://doi.org/10.1080/00224545.2016.1208138




DOI: https://doi.org/10.24176/pro.v6i2.10094

Article Metrics

Abstract views : 91| PDF views : 47 PDF views : 37

Refbacks

  • There are currently no refbacks.